Dukungan ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik
Jakarta (ANTARA) - Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan (UPTAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengerahkan 60 petugas Pengatur Lalu Lintas (PPLL) untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024 pada terminal utama dan bantuan.
 
"Kami menyiapkan empat terminal utama dan tiga terminal bantuan untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini," kata Kepala UPTAJ Dishub DKI Jakarta Syamsul Mirwan di Jakarta , Senin.
 
Empat terminal utama tersebut meliputi  Kampung Rambutan, Kalideres, Tanjung Priok, dan Terminal Terpadu Pulogebang. Sementara terminal bantuan tersebar di  Muara Angke, Lebak Bulus, dan Terminal Grogol.
 
Syamsul menjelaskan puluhan PPLL tersebut juga membantu tenaga Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta untuk memeriksa kesehatan dan bebas narkoba yang bertugas sejak 3 sampai 18 April 2024.
 
PPLL juga melakukan pemeriksaan kelaikan bus (ramp check) serta memonitor penginian (update) data terminal utama dan bantuan," ujar Syamsul.
 
Syamsul juga mengatakan  PPLL ini juga bertugas memastikan seluruh penumpang yang akan mudik Lebaran dari terminal utama dan bantuan di Jakarta merasa aman dan nyaman.
 
"Dukungan ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik, sesuai dengan slogan Kemenhub ‘Mudik Ceria Penuh Makna’," tegas Syamsul.
 
Sebelumnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan ribuan personel untuk menjaga keamanan dan ketertiban Jakarta selama libur dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Sekitar 3.000 atau dua per tiga dari total jumlah personel Satpol PP DKI Jakarta, dikerahkan untuk lakukan pemantauan, pengawasan dan pengamanan di lingkungan masyarakat selama masa libur Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Arifin mengatakan, personelnya yang ada di tingkat kelurahan, kecamatan, kota hingga provinsi berkomitmen untuk terus menjaga Kota Jakarta tetap tertib, aman dan kondusif selama menjelang, saat dan setelah perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.
Baca juga: Alasan mengapa jalur contraflow sangat berbahaya
Baca juga: Dua korban luka dalam kecelakaan di KM 58 masih dirawat di RS Rosela
Baca juga: Menparekraf turut berduka cita atas kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024