Pertama ada kolaborasi Pesantren Ramadan Istiqlal, yakni kegiatan tarhib dan kirab Ramadan yang dilanjutkan dengan pesantren Ramadan Istiqlal ....
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan berbagai kegiatan (event) pada libur Lebaran 2024 dalam upaya mendukung kebangkitan ekonomi Indonesia.
 
"Pertama ada kolaborasi Pesantren Ramadan Istiqlal, yakni kegiatan tarhib dan kirab Ramadan yang dilanjutkan dengan pesantren Ramadan Istiqlal untuk beberapa tingkatan," ujar Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Ni Komang Ayu Astiti di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemenparekraf proyeksi perputaran ekonomi selama Lebaran capai Rp276 T
 
Pada momen Ramadhan ini juga ada sejumlah kegiatan yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN), mulai dari Festival Arakan Sahur, yakni tradisi membangunkan masyarakat untuk sahur dengan menggunakan berbagai alat musik perkusi dan hiasan yang khas di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.
 
Kemudian Aceh Ramadhan Festival, Djakarta Ramadan Fair, serta Ramadhan Night Run.
 
"Kemudian ada Batam Wonder food and Art Ramadan, berupa bazar kuliner dan produk UMKM, kesenian yang bernuansa Islami, fesyen show, juga kesenian khas Kepulauan Riau," ujarnya pula.
   
Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan MS Glow kembali mengadakan mudik gratis bagi masyarakat umum dan pegawai Kemenparekraf yang akan berlangsung pada 8 April 2024.
 
Tahun ini adalah yang kedua penyelenggaraan mudik gratis. Tiga rute utama mudik gratis yakni Jakarta-Semarang-Surabaya; Jakarta-Surabaya-Malang; serta Jakarta-Solo-Yogyakarta.
 
Kemenparekraf juga telah memperbaharui e-Katalog Mudik Jelajah Masjid, dan tahun ini telah memuat informasi 27 masjid di empat jalur utama mudik.
 
E-katalog Mudik Jelajah Masjid berisi panduan yang berisi list masjid yang terletak di sekitar jalur mudik yang memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata.

Baca juga: Sandiaga: RI-Singapura berpotensi kolaborasi di perhelatan kelas dunia
 
Sementara itu, Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf Yohanes De Britto Titus Haridjati mengatakan, untuk menyemarakkan momentum libur lebaran tahun ini pihaknya menghadirkan aktivasi media sosial bertajuk #TerpesonaRamadan.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan selain kerja sama dengan dengan Jasa Marga, Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan PT KAI dalam mengamplifikasi ajakan liburan #DiIndonesiaAja.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024