Khusus untuk jalur utama Puncak-Cianjur, SPKLU juga terdapat di Posko Cimacan, Hotel Le Eminence dan Raja Factory Outlet (FO) sengaja diperbanyak karena jalur utama mudik dari Jabobetabek yang banyak dilalui pemudik terutama dengan kendaraan listrik
Cianjur (ANTARA) - PT PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Jawa Barat, memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah titik mulai dari Puncak hingga Cianjur selatan, aman untuk melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Manager PT PLN Persero UP3 Cianjur Andre Pratama Djatmiko di Cianjur Selasa, mengatakan saat ini SPKLU Cianjur tersebar di beberapa wilayah di Cianjur mulai dari Kantor Pemkab Cianjur, Posko Ciranjang, Kantor ULP Cipanas, Kantor ULP Tanggeung, ULP Cianjur, dan Sindangbarang.

"Khusus untuk jalur utama Puncak-Cianjur, SPKLU juga terdapat di Posko Cimacan, Hotel Le Eminence dan Raja Factory Outlet (FO) sengaja diperbanyak karena jalur utama mudik dari Jabobetabek yang banyak dilalui pemudik terutama dengan kendaraan listrik," katanya.

Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang hendak mudik menggunakan kendaraan listrik tidak perlu khawatir kehabisan daya saat melintasi wilayah Cianjur karena terdapat SPKLU di sejumlah titik, meski tidak sebanyak di jalur lain namun keberadaannya dinilai memadai.

Sedangkan untuk lokasi SPKLU yang terdapat di sepanjang jalur utama Mudik 2024 di Cianjur, ungkap dia, mudah dijangkau dimana pemilik kendaraan dapat beristirahat sambil menambah daya atau berbelanja sambil menunggu pengisian penuh

"Jumlah SPKLU di wilayah Cianjur tidak sebanyak di kota besar lainnya seperti Bandung dan Jakarta, namun kami menilai selama musim mudik sembilan SPKLU yang ada cukup memadai untuk kebutuhan pemudik dengan kendaraan listrik yang melintas di Cianjur," katanya.

Pihaknya akan terus mengupayakan penambahan SPKLU di wilayah Cianjur, seiring dengan meningkatnya jumlah pemakaian kendaraan listrik karena PLN berkomitmen mendukung ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric Vehicle (EV) dengan menyediakan infrastruktur pendukung.

"Seiring tingginya pemakaian kendaraan listrik, tentunya akan ditunjang dengan penambahan SPKLU di Cianjur, namun untuk musim mudik kali ini, kami menilai sudah cukup dan memadai sebelum pengguna kendaraan melanjutkan perjalanan," katanya.

Baca juga: PLN Cianjur tempatkan petugas khusus PDKB selama Ramadhan 1445 H
Baca juga: PT PLN berikan sambungan listrik untuk 952 KK di Cianjur
Baca juga: PLN jaga pasokan listrik di 332 hunian sementara pascagempa Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024