Beijing (ANTARA) - Pelabuhan-pelabuhan perbatasan China diperkirakan akan mencatat rata-rata harian sebanyak 1,78 juta perjalanan masuk dan keluar, naik 74,5 persen secara tahunan (year on year/yoy), selama Festival Qingming mendatang, menurut perkiraan yang dirilis oleh Administrasi Imigrasi Nasional (National Immigration Administration/NIA) China pada Senin (1/4).

Sejumlah bandara internasional besar di China diperkirakan akan mencatat jumlah kedatangan dan keberangkatan yang stabil di perbatasan, dengan rata-rata harian mencapai 35.000 di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing, 84.000 di Bandara Internasional Pudong Shanghai, dan 41.000 di Bandara Internasional Baiyun Guangzhou, menurut NIA.

Sementara itu, sejumlah pelabuhan darat yang menghubungkan China Daratan dengan Hong Kong dan Makau serta pelabuhan destinasi penerbangan langsung antara China Daratan dan Taiwan akan mengalami peningkatan jumlah perjalanan yang dilakukan oleh penduduk Hong Kong, Makau, dan Taiwan yang kembali ke kampung halaman mereka di China Daratan untuk memberikan penghormatan kepada leluhur mereka pada masa liburan tersebut.

Di antara pelabuhan-pelabuhan tersebut, Pelabuhan Gongbei di Kota Zhuhai dan Pelabuhan Luohu di Kota Shenzhen masing-masing diperkirakan akan menangani 337.000 dan 225.000 perjalanan keluar-masuk perbatasan setiap harinya.

Festival Qingming, atau Hari Menyapu Makam, jatuh pada Kamis (4/4) tahun ini. Ini merupakan festival tradisional China yang memberikan penghormatan kepada orang yang telah meninggal dan merupakan waktu bagi masyarakat untuk mendoakan leluhur mereka.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024