Kalau broken home-nya tinggi, ketahanan keluarganya otomatis lemah, karena indeks pembangunan keluarga itu salah satunya ketenteraman. Kalau perceraian tinggi, ketenteramannya akan turun
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo menyoroti tingginya angka perceraian di Indonesia, yang dapat mengancam ketahanan keluarga.
 
"Kalau broken home-nya tinggi, ketahanan keluarganya otomatis lemah, karena indeks pembangunan keluarga itu salah satunya ketenteraman. Kalau perceraian tinggi, ketenteramannya akan turun," ujar Hasto di Jakarta, Selasa.
 
Ia juga mengkhawatirkan data perceraian yang semakin meningkat sejak tahun 2020.
 
"Hari ini banyak keluarga yang bagus, tetapi juga banyak yang kurang bagus, karena perceraian di tahun 2020 ke atas, angkanya lebih dari 500 ribu kasus per tahun," katanya.
 
Ia menjelaskan ada tiga indikator dalam ketahanan keluarga, yakni tenteram, mandiri, dan bahagia. Jika perceraian meningkat, maka indikator pertama yakni ketenteraman dapat terancam.

Baca juga: KemenPPPA tekankan pentingnya ketahanan keluarga

Baca juga: KNPK peringati HUT Ke-3 soroti isu ketahanan keluarga dan peradaban
 
"Kalau banyak perceraian, tenteramnya turun, jadi indeks pembangunan keluarga bisa turun kalau banyak perceraian, sedangkan dampak terhadap keluarga sendiri, broken home kan kalau orang tuanya cerai, anaknya tidak akan terurus dengan baik, pengasuhan (parenting) tidak bagus, sedangkan salah satu penyebab stunting karena anak tidak happy, makanan juga enggak bagus," ucapnya.
 
Sebelumnya, Hasto juga menyebutkan bahwa konflik rumah tangga mesti diselesaikan dengan perasaan, tidak hanya dengan logika.
 
"Konflik di dalam rumah tangga, kalau kita selesaikan hanya dengan logika itu berat, hasilnya pasti kacau, tetapi juga harus diselesaikan dengan perasaan," kata dia.
 
Dokter spesialis kandungan ini juga menegaskan sebelum orang tua membahas tentang anak, atau mendidik anak, penting untuk mengomunikasikan perasaan satu sama lain.
 
"Oleh karena itu, sebelum menyentuh masalah anak, para orang tua juga perlu belajar menyampaikan komunikasi satu sama lain. Sebagai kepala rumah tangga, suami harus lebih dewasa, bisa menahan emosi, dan istri juga harus bisa memaklumi," ucapnya.

Baca juga: IPB ajak perkuat ketahanan keluarga gunakan Famlink

Baca juga: BKKBN: Fenomena fatherless pengaruhi pembentukan ketahanan keluarga

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024