Jakarta (ANTARA) - Lima berita pilihan seputar ekonomi kemarin (2/4) masih menarik untuk dibaca hari ini, Rabu. Mulai dari soal penyaluran tunjangan hari raya (THR), titik krusial saat mudik, penyaluran dana bergulir, finalisasi aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) soal antifraud, hingga pengembangan industri alat dapur berbasis logam.

  Berikut beritanya:

  Menkeu sebut penyaluran THR sudah hampir 100 persen

  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penyaluran tunjangan hari raya (THR) untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, dan pensiunan sudah hampir 100 persen.

  “Secara umum, realisasi THR untuk ASN/TNI/Polri maupun pensiunan sudah hampir 100 persen tersalurkan,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa.

  Realisasi penyaluran THR untuk ASN pusat dan TNI/Polri tercatat sebesar Rp15,15 triliun untuk 2,08 juta pegawai telah dibayarkan oleh 13.205 satuan kerja dari 13.210 satuan kerja (99,96 persen).

  Baca berita selengkapnya

  Menhub petakan Tol Cipali-Merak-Ketapang titik krusial Mudik 2024

  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya telah memetakan Tol Cipali, Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ketapang sebagai tiga titik krusial masa angkutan arus mudik maupun balik Lebaran 2024.

  “Dari sekian banyak rapat yang kami lakukan, memang kami telah mapping ada tiga tempat darat yang memang harus diperhatikan satu (Tol) Cipali, yang kedua (Pelabuhan) Merak, yang ketiga (Pelabuhan) Ketapang,” kata Budi usai menghadiri Rapat Kerja Komisi V DPR RI bersama Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kakorlantas Polri, Kepala BMKG dan Kepala Basarnas terkait Kesiapan Mudik Lebaran 2024 di Jakarta, Selasa.

  Baca berita selengkapnya

  LPDB-KUMKM: Target penyaluran dana bergulir 2024 Rp1,85 triliun

  Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menargetkan mampu menyalurkan dana bergulir sebesar Rp1,85 triliun pada 2024.

  "Target 2024 ini penyaluran dana LPDB-KUMKM Rp1,85 triliun," ujar Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Selasa.

  Baca berita selengkapnya

  OJK finalisasi peraturan strategi antifraud bagi lembaga jasa keuangan

  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang merampungkan Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) tentang Strategi Antifraud bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

  "RPOJK ini disusun dalam rangka mengimplementasikan strategi antifraud bagi seluruh lembaga jasa keuangan dengan menyempurnakan ketentuan sebelumnya," kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

  Baca berita selengkapnya

  Kemenperin dorong pengembangan industri peralatan dapur berbasis logam

  Kementerian Perindustrian mendorong pengembangan industri peralatan dapur berbasis logam guna memberikan nilai perekonomian lebih dan efek berkelanjutan (multiplier effect) bagi peningkatan daya saing ekonomi bangsa.

  Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa mengatakan produk peralatan dapur berbasis logam dari dalam negeri, seperti kompor gas, alat masak dan alat makan, serta bak cuci piring diharapkan mampu menguasai pasar.

  Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024