jakarta (ANTARA/JACX)- Sejumlah berita unggulan terkini yang menarik untuk disimak, mulai dari  UNESCO akui Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari besar keagamaan, hingga persediaan beras jelang Lebaran 2024 terjaga. Berikut ini rangkuman beritanya.

1. UNESCO akui Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari besar keagamaan

UNESCO mengakui Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari besar keagamaan setelah Indonesia mengusulkannya dan mendapat dukungan dari 30-an negara sebagai co-sponsor, ujar Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Andorra, dan Monako Mohamad Oemar. Simak lengkapnya di sini.

2. Bulog pastikan ketersediaan beras terjaga jelang Lebaran 2024

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi memastikan pasokan dan stok beras di berbagai daerah akan terjaga menjelang momentum konsumsi tinggi Lebaran/Idul Fitri 1445 Hijriah. Bulog juga sudah merealisasikan impor beras untuk pengadaan dalam negeri dengan rincian 650 ribu ton sudah di pelabuhan, dan 350 ribu ton sudah kontrak. Simak lengkapnya di sini.

3. Mengenal perbedaan Flu Singapura dengan sariawan dan cacar

Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Prof. Dr. dr. Edi Hartoyo Sp.A(K)mengatakan Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) atau lebih dikenal dengan Flu Singapura berbeda dengan sariawan biasa meskipun sama-sama menyebabkan lesi di mulut. Penyakit lain yang juga kerap disamakan dengan Flu Singapura adalah cacar air dan campak, namun keduanya berbeda dengan Flu Singapura dilihat dari lokasi munculnya lesi. Simak lengkapnya di sini.

4. Sri Mulyani akan penuhi panggilan MK untuk sidang Pilpres 2024

 Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan akan memenuhi panggilan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024. Sri Mulyani dijadwalkan pemanggilan oleh MK bersama ketiga menteri lainnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Simak lengkapnya di sini.

5. BMKG terbitkan 15 daerah bertatus waspada dampak cuaca ekstrem

Sebagian besar daerah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan 15 daerah di antaranya ditetapkan berstatus siaga dan waspada oleh BMKG. Daerah berstatus waspada itu meliputi, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua. Simak lengkapnya di sini.
 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024