Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menandatangani Nota Kesepakatan Bersama (NKB) untuk kerja sama penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Prof Dedi Priadi dan Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad.

"Kami sangat terbuka untuk melakukan kolaborasi dengan PT SMI dalam konteks penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Dedi di Depok, Rabu.

Baca juga: UI jalin 595 kerja sama dengan 370 perguruan tinggi di dunia

Penandatanganan NKB dan perjanjian kerja sama antara UI dan PT SMI menjadi bukti nyata dari komitmen kerja sama untuk menciptakan dampak positif yang nyata dalam pembangunan infrastruktur dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Kerja sama yang dijalankan UI dan PT SMI akan mencakup lima hal yaitu riset, kegiatan peningkatan kapasitas dan pelatihan, kegiatan diseminasi pengetahuan, kemitraan dalam program praktek kerja lapangan/magang mahasiswa, serta CSR/pemberdayaan masyarakat.

Untuk tahap awal, lanjutnya, wujud kerja sama UI dan PT SMI dilakukan dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Kolaborasi tersebut mencakup program magang dan penelitian dalam bidang ekonomi dan bisnis, serta kesehatan masyarakat.

Baca juga: Indonesia Emas, Pemerintah pacu kerja sama universitas dan Pentahelix

Kolaborasi tersebut, kata dia, diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa FEB dan FKM UI untuk terlibat dalam program magang di PT SMI, serta melakukan penelitian yang relevan dengan dunia industri dan bidang kesehatan masyarakat.

Hal ini akan menjadi langkah awal yang baik bagi mahasiswa guna menjadi profesional yang kompeten, sehingga mampu bersaing di dunia kerja yang kompetitif. Tujuan UI dalam menghasilkan SDM berkualitas ini sejalan dengan visi dan misi PT SMI.

Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan transfer pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan kurikulum pendidikan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

Baca juga: UI jalin kerja sama dengan Osaka University tingkatkan penelitian
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024