Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah siap menerjunkan ratusan personel yang nantinya ditugaskan untuk pengamanan Lebaran 2024, untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada jalur mudik dan balik lebaran hingga tempat wisata.

"Sebanyak 500 personel yang diterjunkan, merupakan personel gabungan dalam rangka pengamanan Operasi Terpusat Ketupat Candi 2024 yang berlangsung selama 13 hari terhitung mulai 4 hingga 16 April 2024," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan usai apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi di halaman Mapolresdi Jepara, Rabu.

Baca juga: Polda Babel siapkan 33 pos pelayanan mudik Idul Fitri

Ia menegaskan pihaknya ingin memberikan pelayanan, pengamanan, rasa aman, dan nyaman kepada para pemudik baik roda dua maupun roda empat maupun wisatawan di wilayah Kabupaten Jepara.

Dari 500 personel yang dilibatkan dalam Operasi Ketupat Candi 2024, sebanyak 306 personel di antaranya dari Polres Kudus dan selebihnya personel gabungan.

Dalam Operasi Ketupat Candi 2024, Polres Jepara juga mendirikan Pos Sinergitas, Pos SAR Air, dan Pos Pelayanan Pelabuhan serta Pos Pengamanan Tambahan di Desa Muryolobo, Kecamatan Nalumsari.

"Untuk Pos Sinergitas bertempat di Shopping Centre Jepara, Pos Pelayanan Pelabuhan ditempatkan di Pantai Kartini dan Pos SAR Air terletak di Pantai Bandengan untuk antisipasi wisatawan di wilayah perairan. Sedangkan untuk pos tambahan berada di Desa Muryolobo untuk antisipasi gesekan atau konflik sosial," ujarnya.

Selain itu, imbuh dia, personel juga disebar ke titik-titik yang perlu penguatan atau strong point, seperti pasar tumpah, terminal dan lain sebagainya, yang berada di 16 titik di Kabupaten Jepara.

"Anggota akan disebar di titik yang perlu penguatan atau strong point. Termasuk pasar tumpah dan terminal," ujarnya.

Baca juga: UPBU Rendani-Manokwari beri kenyamanan pemudik melalui posko lebaran 
Baca juga: Polres Pasaman Barat siap berikan rasa aman bagi pemudik
Baca juga: Kemenhub setuju tambah kapal di Pelabuhan Balikpapan antisipasi mudik

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024