Jakarta (ANTARA) - Kunjungan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto ke Jepang menunjukkan pentingnya hubungan baik antara Indonesia dan Jepang dalam kepemimpinannya di masa mendatang, demikian menurut Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Penegasan tersebut disampaikan Kishida dalam pertemuannya dengan Prabowo di Tokyo, Jepang, Rabu pagi waktu setempat.

“Kunjungan Presiden terpilih Prabowo Subianto yang tergolong awal ke Jepang ini merupakan pertanda baik karena hal tersebut menunjukkan niat Prabowo menegaskan pentingnya Jepang bagi Indonesia,” demikian menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Jepang yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kishida juga kembali mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024.

Dalam aspek hubungan bilateral, Kishida mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan kerja sama dengan Indonesia dalam aspek pembangunan infrastruktur dan energi, khususnya di saat hubungan Indonesia dan Jepang yang saat ini sudah mencapai tahap kerja sama komprehensif dan strategis.

“Jepang juga akan mendukung upaya Indonesia menjadi anggota OECD (Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi),” kata Kishida.

Kishida juga menyatakan komitmennya memperkuat kerja sama dengan Indonesia dalam aspek keamanan, terutama setelah Desember lalu pihaknya memutuskan memberikan sebuah kapal patroli untuk Indonesia.

Merespons pernyataan Kishida, Prabowo mengatakan merasa terhormat dan menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama yang baik dengan Jepang di berbagai bidang, khususnya di bidang keamanan, pertanian dan perikanan, serta mitigasi bencana.

Dalam pertemuan tersebut, Kishida menyatakan komitmennya meneruskan kerja sama dengan Indonesia untuk mewujudkan hasil KTT ASEAN-Jepang Desember lalu.

Kishida dan Prabowo juga saling bertukar pandangan terkait isu kawasan, seperti persoalan Laut Timur dan Laut China Selatan, isu Korea Utara, serta kondisi perang saudara di Myanmar dalam pertemuan mereka.

Kunjungan Prabowo ke Jepang dilakukan seusai dirinya merampungkan kunjungan ke China pada 31 Maret—2 April 2024 yang dilakukan berdasarkan undangan Presiden China Xi Jinping.

Selain menemui Kishida, Prabowo juga bertemu Menteri Pertahanan Jepang Kihara Minoru serta mantan PM Jepang dan Presiden Japan-Indonesia Society Yasuo Fukuda.

Baca juga: Dubes: Kerja sama RI-Jepang harus semakin baik di bawah presiden baru
Baca juga: PM Jepang ucapkan selamat kepada presiden terpilih RI Prabowo Subianto
Baca juga: Xi Jinping gelar pembicaraan dengan Prabowo Subianto di Beijing

 

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024