Simpang Empat,- (ANTARA) -
Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat mengingatkan pemudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah mewaspadai sejumlah titik lokasi yang rawan bencana alam seperti longsor dan banjir.
 
"Di Pasaman Barat ada sejumlah daerah yang rawan longsor dan banjir. Pengendara harus hati-hati jika melewati jalur itu," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat Iptu M. Irsyad Fathur Rahman di Simpang Empat, Rabu.
 
Ia mengatakan daerah rawan longsor berada di Kecamatan Talamau tepatnya di Rimbo Kejahatan Nagari (Desa) Kajai. Daerah itu rawan longsor kalau curah hujan tinggi.
 
Selain itu juga ada daerah rawan banjir di Batang Saman Kecamatan Pasaman, Sungai Aur, Ujung Gading dan Ranah Batahan.
 
"Kita telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan BPBD. Satu unit alat berat jenis beko loader di-standby-kan jika terjadi longsor," katanya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakarudin mengatakan pemudik harus mengetahui lokasi yang rawan bencana alam dalam rangka kewaspadaan saat mudik.
 
"Kita bersama pihak terkait telah memasang rambu-rambu di sejumlah jalan yang rawan longsor. Apalagi di daerah Talamau baru-baru ini jalannya amblas dan putus," ujarnya.
 
Namun, saat ini jalan itu telah bisa dilalui kendaraan dengan dibuatnya jalan sementara di pinggir jalan yang putus itu.
 
Menurut dia jalan yang rawan longsor adalah di sepanjang jalan Kecamatan Talamau karena daerahnya terdiri dari perbukitan.
 
Jalan di Talamau dilalui oleh kendaraan dari Kabupaten Pasaman dan dari Medan Sumatera Utara.
 
"Mudah-mudahan akses jalan itu lancar dan tidak ada bencana longsor selama libur Lebaran," harapnya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024