... nyekar ke makam ayahnya, mantan Panglima Resimen Komando AD, almarhum Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Sarwo Edhie... "
Yogyakarta (ANTARA News) - Mantan Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI (Purnawirawan) Pramono E Wibowo, memperingati Hari Pahlawan dengan nyekar ke makam ayahnya, mantan Panglima Resimen Komando AD, almarhum Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Sarwo Edhie, di Purworejo.

Wibowo, yang juga adik ipar Presiden Susilo Yudhoyono, tiba di Yogyakarta, Sabtu siang, dan langsung disambut puluhan aktivis Jaringan Nusantara di Bandara Adi Sucipto.

Sarwo Edhie, sebagai panglima RPKAD (asal muasal Kopassandha TNI AD/Kopassus TNI AD) merupakan tokoh militer yang memimpin penumpasan pemberontak komunis G30S/PKI, yang hingga kini dinyatakan sebagai pihak paling bertanggung jawab atas pembunuhan enam jenderal dan satu perwira pertama TNI AD.

Setelah itu, Sarwo yang juga ayah dari Ibu Negara, Kristiani Yudhoyono, ini juga pernah menjadi ketua BP-7 Pusat, duta besar Indonesia untuk Korea Selatan, serta menjadi gubernur AKABRI.

Pada Minggu pagi (10/11) pagi, sebelum berziarah, Wibowo dijadwalkan akan mengikuti upacara Hari Pahlawan di Purworejo.

Pemerintah, sebelumnya, melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, telah menetapkan pemberian gelar pahlawan nasional pada 2013 ini kepada tiga tokoh nasional, yaitu KRT Radjiman Wedyodiningrat dari Yogjakarta, Lambertus Nicodemus Palar (Sulawesi Utara) dan Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) TB Simatupang.

Pewarta: Indra Arief
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013