Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah pemudik menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah dengan meningkatkan koordinasi antarpihak terkait.

"Arus mudik tahun ini sudah tentu mengalami lonjakan yang cukup signifikan dibanding tahun 2023," kata Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Utara AKBP Wiraga Dimas Tama di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan gelar pasukan yang ini merupakan bentuk pengecekan dan kesiapan sebagai komitmen nyata sinergi TNI-Polri serta pemangku kepentingan terkait.

Apel diikuti oleh 250 personel yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Damkar dan Pokdar Kamtibmas.

“Puji syukur semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk berkumpul sekaligus melihat kesiapan dalam mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1445 H," katanya.

Baca juga: Pakar keuangan beri kiat membagi anggaran mudik
Baca juga: DLH siagakan 3.080 petugas kebersihan selama libur Lebaran


Menurut dia, dari survei dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tahun ini pergerakan mudik sekitar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 persen dibanding tahun 2023.

Ia mengungkapkan bahwa indeks kepuasan masyarakat tahun 2023 mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7 persen dibanding tahun 2022.

“Apresiasi masyarakat tahun 2023 mengalami lonjakan, maka tahun ini kita harus pertahankan dan tingkatkan pengamanan mudik dan balik tahun ini,” kata dia.

Ia mengingatkan kepada seluruh jajaran maupun pemangku kebijakan untuk tetap semangat dan menjaga kesehatan selama dalam tugas.

“Tetap semangat dan jaga kekompakan serta selalu jaga kesehatan selama bertugas,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024