Jakarta (ANTARA) - Pusat peringatan di Kementerian Sumber Daya Alam China mengeluarkan peringatan merah untuk tsunami pascagempa tersebut, seraya menyampaikan bahwa tsunami berpotensi terjadi di area perairan di sekitar pusat gempa, yang diperkirakan akan membawa dampak dahsyat di area-area pesisir, termasuk bagian timur Taipei dan Hualien.

Reporter-reporter Xinhua di Taipei merasakan getaran kuat saat gedung-gedung berguncang tanpa henti selama lebih dari semenit. Pengoperasian elevator di gedung apartemen para reporter tersebut pun dihentikan sementara.

Menurut laporan media setempat, getaran hebat dirasakan di berbagai wilayah di Taiwan, yang memicu sistem metro Taipei menghentikan pengoperasiannya.

Badan meteorologi Taiwan melaporkan bahwa gempa bumi bermagnitudo 7,2 terjadi pada Rabu pukul 07.58 waktu setempat (06.58 WIB), dengan kedalaman 15,5 kilometer. Pusat gempa terletak di 25 kilometer sebelah selatan-tenggara wilayah pemerintahan Hualien. Intensitas maksimum gempa tercatat bermagnitudo 6 di wilayah Hualien.

Beberapa gempa susulan bermagnitudo 4,0 hingga 6,0 mengguncang wilayah Hualien di Taiwan dan sejumlah daerah di sekitarnya dalam kurun waktu satu jam. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024