Jakarta (ANTARA) - Seorang warga bernama Widardi nekat menjadi polisi gadungan berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) untuk meminta tunjangan hari raya (THR) Lebaran kepada salah satu toko air minuman di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu.

Aksi Widardi itu diketahui oleh jajaran Polsek Duren Sawit setelah mendapatkan laporan warga terkait adanya anggota polisi yang meminta THR.

Dengan mengenakan seragam polisi lengkap berikut atribut dan pangkatnya, Widardi mendatangi pemilik toko untuk meminta paket lebaran.

"Diinformasikan ada laki-laki mengenakan seragam Polri meminta THR, minta bingkisan ke pemilik toko minuman. Mendapatkan laporan, kami langsung menurunkan anggota untuk melakukan pengecekan," kata Kapolsek Duren Sawit AKP Sutikno di Mapolsek Duren Sawit, Jakarta Timur.

Baca juga: Polsek Pulogadung kejar pencuri bermodus polisi gadungan
Baca juga: Polrestro Jaksel tangkap penipu mengaku calon Kapolres Tangerang Kota


Setelah dicek, ternyata benar pelaku mengenakan seragam polisi. "Ketika kita interogasi, ternyata bukan polisi. Pelaku polisi gadungan sehingga kita tangkap," katanya.

Pemilik toko, Sumiyati mengatakan, aksi tersebut bermula saat dirinya tengah melayani pembeli sekitar pukul 10.45 WIB.

Secara tiba-tiba datang seorang pria dengan atribut dan seragam Polri lengkap yang mendatanginya dan langsung mengatakan ingin meminta THR kepada Sumiyati.

"Dia nanya ‘ada paket (THR) gak?’ Saya jawab 'nanti dulu ya lagi sibuk'," kata Sumiyati.

Baca juga: Petugas tangkap tiga polisi gadungan di Bandara Soekarno-Hatta
Baca juga: Polres Jakbar tangkap polisi gadungan bermodus curi motor di Kembangan


Kemudian Sumiyati menuturkan oknum dengan pangkat AKP itu justru berpindah tempat ke bagian tengah ruang toko sembari menunggu Sumiyati selesai melayani pelanggan.

Sembari menunggu Sumiyati, secara kebetulan melintas Bimaspol Kelurahan Duren Sawit yang tengah melakukan patroli di depan toko tersebut.

"Pas polisi yang asli datang langsung diinterogasi itu oknumnya, ternyata pas di telepon temennya (Polisi) rupanya tidak terdata identitasnya," ujarnya.

Awalnya polisi gadungan tersebut sempat melakukan penolakan untuk dilakukan interogasi oleh petugas.!Bahkan kerap melawan dengan mendorong Bimaspol tersebut hingga beberapa kali.

Selanjutnya, Bimaspol tersebut langsung menghubungi rekannya dan membawa polisi gadungan tersebut ke Mapolsek Duren Sawit untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

Widardi mengaku kerap menjalankan modus dengan menjadi polisi gadungan menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Tahun Baru. "Seragam polisi saya beli di Senen dengan harga Rp270 ribu, lengkap dengan atributnya," katanya.
Baca juga: Polsek tangkap anggota Polres gadungan yang lakukan pencurian
Baca juga: Polisi tangkap tiga polisi gadungan yang curi motor di Tambora

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024