Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu fokus melakukan pengamanan di lokasi keramaian yang menjadi destinasi wisata pengunjung saat libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriahm

"Kami berharap, perayaan libur Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan lancar dan kondusif, tanpa ada kendala apapun mulai lingkungan masyarakat," kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan di Jakarta, Rabu

Ia mengatakan titik-titik keramaian saat libur Lebaran termasuk lokasi yang ramai para wisatawan perlu pengamanan khusus.

Pihaknya telah melakukan Apel Operasi Ketupat di halaman Kantor Perwakilan Polres Kepulauan Seribu diikuti 250 personel gabungan dari unsur Kabupaten Kepulauan Seribu, TNI/Polri dan Satpol PP.

Selain itu Basarnas, Dinas Perhubungan (Dishub), Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), pihak kecamatan, kelurahan, petugas kesehatan serta PMI Kepulauan Seribu.

Baca juga: Legislator: Tingkatkan transportasi laut sebelum bangun lumbung pangan

Ia mengapresiasi sinergi dari semua unsur dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri di wilayah Kepulauan Seribu agar dapat berlangsung aman dan lancar.

"Kabupaten Kepulauan Seribu sangat mendukung kegiatan ini dengan melibatkan unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam membantu petugas di enam kelurahan dan dua kecamatan, dalam melaksanakan keamanan dan ketertiban selama Hari Raya Idul Fitri" kata dia.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Jarot Sungkowo mengatakan, pihaknya membuat lima pos pengamanan di antaranya Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Untung Jawa, di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan

Sementara di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara di antaranya Pulau Pramuka dan Pulau Harapan.

"Dengan kegiatan ini bersama pemangku kebijakan terkait dapat bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri," kata dia.

Baca juga: Kepulauan Seribu jadi lumbung pangan pada 2025

Sebelumnya, Polres Kepulauan Seribu membentuk lima pos pengamanan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat di daerah setempat yang digelar 4 April hingga 16 April 2024.

"Kami melibatkan semua pihak untuk menyamakan persepsi sinergi antar Forkopimkab Kepulauan Seribu," kata dia

Menurut dia, pendirian Pos Pengamanan ini bertujuan mendukung persiapan pelaksanaan pengamanan di bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Polres Kepulauan Seribu di dukung TNI dan Kabupaten Kepulauan Seribu serta mitra Kamtibmas lainnya," kata dia.


 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024