Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta Mujiyono meminta Pemerintah Provinsi DKI meningkatkan transportasi laut di Kabupaten Kepulauan Seribu sebelum membangun lumbung pangan.
 
"Kelemahan dari Kepulauan Seribu itu adalah lemahnya transportasi laut," kata Mujiyono kepada wartawan di Jakarta, Rabu.
 
Mujiyono menilai perlu ada sebuah kajian dalam menjadikan suatu wilayah menjadi lumbung pangan, yakni dibutuhkan berbagai sarana dan prasarana.
 
Akses ke lokasi Kepulauan Seribu yang berbeda dengan wilayah DKI Jakarta lainnya harus menjadi prioritas pertama dalam pembangunan lumbung yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan.

Baca juga: Jakarta Barometer dukung DKI bangun lumbung pangan di Kepulauan Seribu
 
Dia menyoroti harga hasil bumi makin tinggi jika transportasi nantinya terkendala. "Harga akan semakin tinggi jadi harga ga bisa bersaing,” ujarnya.
 
Bupati Kepulauan Seribu Junaedi dalam rapat Komisi A DPRD DKI menuturkan alasan wilayahnya terpilih menjadi lumbung pangan di DKI Jakarta mulai 2025.
 
"Karena Kepulauan Seribu adalah penghasil ikan, rumput laut dan ganggang. Ini yang menjadikan Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan," ujar Junaedi.

Dia juga mengakui, lumbung pangan perlu dilakukan sinergi bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menjaga serta mengembangkan Kabupaten Kepulauan Seribu menjadi kawasan yang lebih bersih dan tertata.

Baca juga: Kepulauan Seribu jadi lumbung pangan pada 2025
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan berdasarkan hasil kajian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lahan di Kepulauan Seribu cocok untuk lumbung pangan bagi DKI Jakarta mulai 2025.
 
"Sesuai kajian dari BRIN dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Kepulauan Seribu kaya potensi ikan, rumput laut dan lain-lain sehingga bisa dijadikan lumbung pada 2025," kata Heru usai dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/3).
 
Heru menyebutkan, semua area laut di Kepulauan Seribu memungkinkan untuk dijadikan lumbung pangan. Sedangkan wilayah pesisir dekat Jakarta tidak memungkinkan.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024