Jakarta (ANTARA) -
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengerahkan Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Operasi Ketupat 2024 untuk memperkuat jajaran kewilayahan dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445H/2024.
 
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan melepas langsung 138 personel Tim Pamatwil di Gedung NTMC Jakarta, Rabu.
 
"Tim Pamatwil diterjunkan ke kewilayahan mulai dari Sumatera sampai dengan Banyuwangi dan Gilimanuk ini dengan menerjunkan 138 personel untuk membantu teman-teman di wilayah," kata Aan.

Baca juga: Kapolri paparkan tiga atensi pengendalian arus mudik 2024
 
Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan, pengerahan Tim Pamatwil nantinya dapat memahami betul secara operasi yang sudah disusun, baik menangani salah satu sasaran operasi maupun asistensi terhadap strategi yang dilakukan saat mengamankan arus mudik dan balik lebaran.
 
"Kami sebar para perwira untuk mengendalikan sekaligus mengasistensi memastikan strategi-strategi yang akan kami laksanakan, yang sudah kami siapkan ini bisa berjalan dengan baik dan bisa disesuaikan dengan rencana yang sudah kami buat," ujarnya.
 
Dengan segala persiapan yang dilakukan, Aan memastikan pelaksanaan libur Lebaran 2024 berjalan dengan aman dan lancar sehingga perjalanan mudik ceria penuh makna.
 
"Memastikan pelaksanaan Operasi Ketupat ini bisa berjalan dengan baik sehingga masyarakat yang melakukan mudik ini bisa aman lancar nyaman selamat ya itu yang akan kami pastikan sehingga mudik ceria penuh makna," kata Aan.
 
Mantan Dirgakkum Korlantas Polri itu pun mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal dan pulang lebih akhir sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kepadatan saat puncak arus mudik dan arus balik.
 
"Bapak Presiden sudah mengimbau mudik lebih awal artinya tidak memaksakan untuk pulang di tanggal-tanggal yang cukup padat tanggal 6 sampai dengan tanggal 8 ini sesuai dengan prediksi arusnya yang cukup padat," imbaunya.

Baca juga: ASDP Merak operasikan tiga pelabuhan layani pemudik 2024
Baca juga: Pelni ajak pemudik Labuan Bajo NTT manfaatkan tiket mudik gratis 2024

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024