Jakarta (ANTARA) - Penampilan grup musik rock asal Bandung, PAS Band, disusul pesta kembang api memeriahkan pembukaan pameran Jakarta Lebaran Fair yang digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu malam.

Marketing Director JIEXPO Ralph Sceunemann mengatakan, pameran yang disebut sebagai Jakarta Fair versi mini tersebut diselenggarakan untuk pertama kalinya selama 19 hari pada 3-21 April 2024.

"Jakarta Lebaran Fair ini untuk pertama kali kita adakan. Kita ada pembukaan kecil, tidak sebesar Jakarta Fair, tapi tetap ada pesta kembang api dan selama 19 hari kita 'full music concert'," kata Ralph saat ditemui di Kawasan Jakarta Lebaran Fair arena JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu.

Ralph menjelaskan bahwa pameran Jakarta Lebaran Fair diselenggarakan tidak hanya sebagai tujuan berbelanja masyarakat sebelum Lebaran, tetapi juga diharapkan menjadi destinasi masyarakat yang berada di Jabodetabek saat Lebaran nanti.

Baca juga: PT JIEXPO gelar Jakarta Lebaran Fair 2024 mulai 3-21 April 2024

Jika Jakarta Fair Kemayoran biasanya diselenggarakan selama lebih dari satu bulan pada bulan Juni atau bertepatan dengan HUT Kota Jakarta, Jakarta Lebaran Fair hanya digelar selama 19 hari.

Namun demikian, Ralph memastikan penampilan musik di Jakarta Lebaran Fair diadakan setiap malamnya.

Berbagai musisi dan grup band papan atas dijadwalkan memberikan penampilan mereka di panggung utama Jakarta Lebaran Fair, seperti Ungu, Wali, PAS Band, Opick, Virgoun, Tony Q, Armada, Last Child, The Changcuters, Tipe X, Fourtwnty dan para musisi lainnya.

Berdasarkan pantauan, pesta kembang api berdurasi 2,5 menit tersebut menjadi magnet bagi para pengunjung yang datang di hari pertama pameran.

Berbeda dengan Jakarta Fair, arena terbuka di JI Expo pada Jakarta Lebaran Fair hanya dibuka di bagian tengah menuju panggung utama. Jarak antara gerai (tenant) pun terbilang lega dan tidak terkesan padat, seperti pada Jakarta Fair.

Baca juga: Jakarta Fair 2016 diselenggarakan selama Ramadhan-Lebaran

Jumlah gerai pada Jakarta Lebaran Fair hanya berkisar 500 gerai, baik yang berukuran besar maupun kecil. Jumlah tersebut memang jauh dengan Jakarta Fair yang memiliki 2.700-3.000 gerai.

Masyarakat dapat berkunjung ke Jakarta Lebaran Fair pada Senin-Jumat pukul 15.00-22.00 WIB. Sedangkan Sabtu, Minggu dan periode libur Lebaran buka pukul 11.00-23.00 WIB.

Namun, terdapat jam operasional pada malam takbiran, yakni pukul 11.00-18.00 WIB dan Lebaran hari pertama 14.00-23.00 WIB.

Sama seperti Jakarta Fair, para pengunjung tetap dapat menikmati bazar otomotif, gawai, komputer, alat olahraga, fesyen dan garmen. Selain yperalatan rumah tangga, furnitur, barang-barang elektronik, kuliner, kerajinan tangan, herbal dan pengobatan hingga kosmetik.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024