Jakarta (ANTARA) - Warner Bros. studio mengumumkan bahwa film “Matrix” kelima sedang dalam pengembangan. Ini akan menjadi film pertama tanpa Lana atau Lily Wachowski sebagai sutradara.

Sebaliknya, penulis skenario “The Martian” Drew Goddard akan menangani tugas pembuatan film. Ia juga akan menulis naskah dan memproduseri bersama rekannya di Goddard Textiles, Sarah Esberg. Lana Wachowski, yang menyutradarai film “Matrix” terbaru, “Resurrections” tahun 2021, ditunjuk sebagai produser eksekutif.

Ditulis laman Variety, Rabu (3/4), presiden produksi Warner Bros. Motion Pictures Jesse Ehrman memberikan bocoran bahwa ceritanya akan memajukan dunia fantasi tanpa menyimpang terlalu jauh dari apa yang membuat serial ini sukses.

Baca juga: "The Matrix Resurrections", terjebak masa lalu dan realitas masa kini

"Drew datang ke Warner Bros. dengan ide baru yang kita semua yakini akan menjadi cara luar biasa untuk melanjutkan dunia Matrix, dengan menghormati apa yang dimulai Lana dan Lilly lebih dari 25 tahun yang lalu dan menawarkan perspektif unik berdasarkan kecintaannya pada dunia serial dan karakter Matrix," kata Ehrman dalam sebuah pernyataan.

Detail plot film belum diungkapkan, dan tidak jelas siapa yang berasal dari dunia “Matrix" setelah sebelumnya Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss telah menjadi bintang di semua film sebelumnya sebagai Neo dan Trinity.

Sementara Yahya Abdul-Mateen II, Jonathan Groff, Neil Patrick Harris dan Priyanka Chopra Jonas akan kembali bergabung dalam film iterasi terbaru tersebut.

Baca juga: "Venom 2" hingga "The Matrix 4" hadir di CATCHPLAY+ bulan ini

"Seluruh tim di Warner Bros. Discovery sangat senang dengan Drew yang membuat film 'Matrix' baru ini, menambahkan visinya ke kanon sinematik yang dibangun oleh Wachowskis selama seperempat abad di sini, di studio," lanjut Ehrman.

Goddard merupakan pemegang nominasi untuk Oscar karena menulis “The Martian,” adaptasi fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Ridley Scott dan dibintangi oleh Matt Damon. Kredit film fitur lainnya termasuk menulis “Cloverfield” dan “World War Z” dan berperan sebagai penulis-sutradara di “The Cabin in the Woods” dan “Bad Times at the El Royale”.

"Tidaklah berlebihan jika mengatakan film 'The Matrix' mengubah dunia perfilman dan hidup saya, Kesenian Lana dan Lilly yang luar biasa menginspirasi saya setiap hari, dan saya sangat bersyukur atas kesempatan untuk menceritakan kisah di dunia mereka," kata Goddard.

Baca juga: "The Matrix Resurrections" rajai box office China

"The Matrix,” yang memulai franchise ini pada tahun 1999, dianggap sebagai salah satu film fiksi ilmiah paling berpengaruh sepanjang masa. Film ini menginspirasi tiga sekuel, “The Matrix Reloaded” dan “The Matrix Revolutions” pada tahun 2003, serta “The Matrix Resurrections” pada tahun 2021.

Film keempat, yang hadir setelah jeda 18 tahun dan merupakan film pertama yang disutradarai sendiri oleh Lana, merupakan kekecewaan besar di box office.

Hal ini sebagian karena “The Matrix Resurrections”, seperti seluruh film Warner Bros. pada tahun 2021, tersedia secara bersamaan di HBO Max tanpa biaya tambahan. Film ini hanya meraup 159 juta dolar AS di seluruh dunia dibandingkan anggarannya yang 190 juta dolar AS.

Baca juga: Keanu Reeves sumbang pendapatan "The Matrix" untuk penelitian kanker

Baca juga: Warners hadirkan web interaktif jelang rilis trailer "The Matrix 4"

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024