Harapannya mereka akan kembali ke Jakarta sesuai dengan jumlah keberangkatan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  secara resmi melepas keberangkatan 279 bus program Mudik Gratis 2024  di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis.
 
"Dengan mengucap Bismillahirrahmannirrahiim, saya melepas keberangkatan peserta mudik gratis angkutan Lebaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2024/1445 Hijriah, semoga semua aman dan sehat sampai ke kampung halaman dan selamat berkumpul bersama keluarga di hari Lebaran," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono dalam sambutannya pada acara pemberangkatan Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2024/1445 Hijriah.
 
Joko menyebut program mudik gratis yang diinisiasi Pemprov DKI Jakarta sejak 2019 ini sebagai salah satu upaya menekan angka kecelakaan saat mudik, khususnya bagi  yang sering menggunakan sepeda motor.
 
Selain itu, program ini juga sebagai bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan moda transportasi yang mudah dan aman dalam momen perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman masing-masing.
 
Joko memaparkan, pemudik yang diberangkatkan hari ini sebanyak 12.170 orang dengan total 279 bus.
 
"Jadi berangkat ada 279 bus untuk arus mudik, pulangnya 206 bus arus balik, jadi sekitar 400 lebih kita selenggarakan itu untuk program ini bersama mitra kerja dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, BUMD yang juga menyumbangkan sebanyak 16 bus, lalu ada BAZNAS BAZIS DKI sebanyak 2 unit untuk rekan-rekan disabilitas," jelas Joko.
Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Wadirlantas Polda Metro Jaya Kombes Doni Hermawan, perwakilan Kodam Jaya Brigjen TNI Irsyad melepas keberangkatan bus program mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024). (ANTARA/Siti Nurhaliza)


Joko berharap program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta ini dapat kembali ke Jakarta sesuai dengan jumlah keberangkatan dan tentunya dalam keadaan sehat.
 
"Harapannya mereka akan kembali ke Jakarta sesuai dengan jumlah keberangkatan, tentunya semua memang tidak bisa seragam, tapi persiapkan sebaik mungkin," ucap Joko.
 
Acara tersebut juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Wadirlantas Polda Metro Jaya Kombes Doni Hermawan, perwakilan Kodam Jaya Brigjen TNI Irsyad, dan jajaran Pemprov DKI Jakarta lainnya.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberangkatkan 355 sepeda motor milik peserta mudik gratis dari Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (3/4).
 
Motor tersebut diangkut dengan menggunakan belasan truk yang telah disediakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
 
"Hari ini kami memberangkatkan 12 truk program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta bagi pemudik yang sudah menitipkan sepeda motornya sebanyak 335 unit," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.
 
Daftar 19 kota/kabupaten tujuan bus mudik gratis antara lain:
1. Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung
2.. Terminal Alang-Alang Lebar, Kota Palembang
3. Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya
4. Terminal Kertawangunan, Kab. Kuningan
5. Terminal Kota Tegal
6. Terminal Pekalongan
7. Terminal Mangkang, Kota Semarang
8. Terminal Kab. Kebumen
9. Terminal Cilacap
10. Terminal Bulupitu Purwokerto
11. Terminal Tirtonadi Solo
12. Terminal Mendolo Wonosobo
13. Terminal Giwangan Jogjakarta
14. Terminal Pilangsari Sragen
15. Terminal Giri Adipura Wonogiri
16. Terminal Purboyo Madiun
17. Terminal Tamanan Kediri
18. Terminal Kepuhsari Jombang

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024