Jakarta (ANTARA) - Peramban web Brave, pada Rabu (3/4), mengumumkan kehadiran asisten kecerdasan buatan (AI) mereka yang disebut Leo, untuk pengguna iPhone dan iPad. 

Asisten AI tersebut memungkinkan orang mengajukan pertanyaan, meringkas halaman, membuat konten, dan banyak lagi. Peluncuran iOS mengikuti peluncuran asisten AI di Android dan desktop. 

Peluncuran Leo di iOS menghadirkan kemampuan suara-ke-teks, yang tidak tersedia di asisten AI versi Android. 

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengucapkan hal-hal secara lisan dan mengonversinya ke teks, menghilangkan kebutuhan untuk mengetikkan pertanyaan atau kueri. Brave mengatakan bahwa kemampuan tambahan ini memudahkan interaksi dengan AI.

Baca juga: Opera One hadirkan fitur asisten virtual berbasis AI

Selain meringkas halaman atau video, Leo dapat menjawab pertanyaan tentang konten yang dibacanya, membuat laporan tertulis panjang, menerjemahkan atau menulis ulang halaman, membuat transkripsi konten video atau audio, dan menulis kode.

Dengan memberikan akses ke asisten AI bawaan, Brave berharap pengguna tidak beralih ke ChatGPT atau layanan serupa lainnya.

Leo menyertakan akses ke Mixtral 8x7B, Claude Instant dari Anthropic, dan Llama 2 13B dari Meta. Brave menetapkan Mixtral 8x7B sebagai model bahasa besar (LLM) default untuk Leo, tetapi pengguna memiliki opsi untuk memilih LLM lain atau meningkatkan ke Leo Premium untuk batas tarif yang lebih tinggi seharga 14,99 dolar AS (Rp239 ribu) per bulan.

Baca juga: WhatsApp rilis "browser extension" untuk versi Web lebih aman

Brave bukan satu-satunya perusahaan browser yang meluncurkan asisten AI. Opera meluncurkan asisten AI bernama Aria tahun lalu. 

Produk ini dibuat bekerja sama dengan OpenAI dan memiliki antarmuka seperti chatbot yang memungkinkan orang mengajukan pertanyaan dan menerima tanggapan instan.

Baca juga: Opera akan luncurkan "browser" baru didukung AI untuk iOS di Eropa

Brave Leo untuk iOS kini tersedia untuk semua pengguna iOS yang telah memperbarui ke versi 1.63. Untuk mengakses Leo, buka browser, mulailah mengetik di bilah alamat lalu pilih “Tanya Leo”.

Leo adalah fitur keikutsertaan dan dapat dinonaktifkan melalui pengaturan aplikasi. Demikian disiarkan TechCrunch, Kamis (4/4).

Baca juga: Opera perkenalkan Aria, asisten peramban dengan kecerdasan buatan

Baca juga: Google Podcasts akan segera ditutup, pengguna diimbau pindah

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024