Peran aktif masyarakat sangat diharapkan untuk mengurai masalah banjir dan kemacetan lalu lintas di Jakarta saat ini. Tukang sampah sepatutnya tidak membuang sampah sembarangan,"
Jakarta (ANTARA News) - Seluruh lapisan masyarakat yang tingal di Jakarta diminta ikut aktif mengatasi masalah banjir yang datang pada musim hujan ini, kata calon Angota Perwakilan Daerah (DPD) DKI Jakarta, Rommy.

Dalam keterangan pesnya, Minggu, Rommy mengatakan, meskipun Pemprov DKI telah mengerahkan segenap upaya untuk mengatasi banjir, seperti normalisasi waduk, an pembangunan sumur resapan, namun tetap dibutuhkan peran masyarakat membantunya.

"Peran aktif masyarakat sangat diharapkan untuk mengurai masalah banjir dan kemacetan lalu lintas di Jakarta saat ini. Tukang sampah sepatutnya tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Rommy mengharapkan, masyarakat pun sebenarnya tidak harus menunggu petugas sampah, tetapi haus berinisiatif untuk menyingkirkan sampah di lingkungan mereka sendiri.

"Masyarakat bisa iuran bersama untuk membangun sumur resapan di kawasannya jika memang belum ada. Ini kan persoalan budaya gotong royong dan budaya bersih sebenarnya," ujarnya.

Ketika menanggapi kemacetan lalu lintas selama proses pembangunan monorel dan MRT di musim penghujan ini, Rommy mengharapkan, kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sehingga mampu sangat membantunya.

"Namun, sekali lagi, kesadaran masyarakat, pergeseran budaya, dan partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci untuk bekerjasama menyelesaikan persoalan banjir dan macet," katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013