Tangerang (ANTARA) - Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi mengatakan lonjakan arus mudik lebaran Idul Fitri 2024 diprediksi akan mulai terjadi pada tanggal 5 - 8 April 2024.

"Diperkirakan mudik lebaran di 2024 ini akan lebih padat dari tahun 2023 lalu," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi di Tangerang Kamis.

Oleh karena itu, petugas gabungan akan lebih berkonsentrasi pada jalur arus mudik maupun arus balik lebaran seperti di rest area dan terminal keberangkatan.

Berdasarkan data, sebagian masyarakat banyak yang berencana mudik lebaran dengan menggunakan motor. Meskipun pihaknya mengimbau untuk tidak menggunakannya karena membahayakan akibat faktor kelelahan.

"Hindari penggunaan motor khusus pemudik dengan jarak jauh," ujarnya.

Lalu Kapolres pun meminta masyarakat yang akan mudik untuk selalu mengikuti informasi terkini terkait perjalanan mudik melalui saluran resmi kementerian perhubungan, jasa marga maupun Kepolisian

"Masyarakat silakan cek update informasi seputar mudik, agar lebih mengetahui kapan dilakukan rekayasa arus lalulintas, one way, maupun pelaksanaan ganjil genap. Informasi dapat dilihat melalui akun kementerian perhubungan, jasa marga, kepolisian maupun instansi terkait," katanya.

Sementara itu sebanyak 1.416 petugas gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka serta jajaran samping Pokdarkamtimnas dan Senkom disiagakan terkait pengamanan Idul fitri 2024 di Kota Tangerang.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024