Beijing (ANTARA) - Bank sentral China pada Rabu (3/4) berjanji melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan implementasi sejumlah kebijakan moneter dalam rangka menstimulasi perekonomian secara efektif.

Bank sentral China akan meningkatkan secara tepat kuota relending dan rediscount bagi perusahaan-perusahaan kecil dan sektor pertanian, memanfaatkan dengan baik instrumen pendukung pengurangan karbon, dan membangun fasilitas relending untuk inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta transformasi teknis, urai People's Bank of China (PBOC) dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah pertemuan triwulanan terbaru komite kebijakan moneter bank tersebut.

PBOC juga berjanji akan memperkuat dukungan finansial untuk pembaruan peralatan berskala besar dan tukar tambah barang konsumsi.

Menyoroti bahwa kebijakan makro China sejak awal tahun ini telah menciptakan lingkungan moneter dan keuangan yang ideal bagi pemulihan ekonomi, pertemuan tersebut mendesak lebih banyak upaya untuk meningkatkan implementasi kebijakan yang ada dan menyempurnakan instrumen kebijakan.

Upaya-upaya yang dilakukan harus berfokus pada pengembangan pendanaan IPTEK, pendanaan hijau, pendanaan inklusif, pendanaan pensiun, dan pendanaan digital, serta diarahkan sedemikian rupa sehingga dapat mendorong pertumbuhan kekuatan produktif berkualitas baru, demikian menurut pertemuan tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024