Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengungkapkan kapten timnya Martin Odegaard mempunyai peran kunci untuk meningkatkan hubungan tim.

Peran yang diemban Odegaard di luar lapangan dinilai Arteta menjadi salah satu faktor kunci menjaga stabilitas dan performa tim hingga bersaing di perebutan gelar Liga Inggris musim ini.

"Odegaard pemain yang sangat penting – kami membutuhkan keseimbangan itu dan juga chemistry yang dimiliki pemain tertentu karena begitulah cara mereka berlatih juga, dan bagaimana kami membangun koneksi dan hubungan itu, dan Martin ada di sana untuk menghubungkan semuanya dengan baik dalam cara kami bermain," kata Mikel Arteta dikutip dari laman resmi klub, Kamis.

Menurut Arteta, mantan pemain Real Madrid tersebut mempunyai standar yang begitu tinggi sehingga dapat memacu rekan-rekan se-timnya untuk menunjukkan performa yang impresif di dalam lapangan.

"Dia membuat langkah besar, kehadirannya, cara dia berperilaku di depan kelompok dan standar yang dia tetapkan luar biasa. Dia punya banyak pemain juga untuk mendukungnya dan sisanya untuk mengikutinya," ujar pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut.

Baca juga: Klasemen: Arsenal kembali ke puncak, Liverpool turun ke peringkat dua

Odegaard menjadi aktor penting dalam kemenangan Meriam London dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris menghadapi Luton Town di Stadion Emirates, London, Kamis dini hari WIB.

Satu gol dari kapten timnas Norwegia tersebut membawa Arsenal memetik tiga poin penuh lewat kemenangan dengan skor 2-0. Gol Odegaard pada menit ke-24 dan gol bunuh diri Daiki Hashioka pada menit ke-44, membuat Meriam London kini juga berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris.

"Yang pasti, itu berarti bahwa kami ada di sana (puncak klasemen), bahwa kami benar-benar dekat dengan gelar juara, bahwa kami menunjukkan banyak konsistensi dan kualitas untuk dapat bertarung di posisi kami saat ini. Dan sekarang itu saja – tidur, makan, bersiap dengan baik menghadapi Brighton," ujar Arteta.

Saat ini Arsenal berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan mengoleksi 68 poin dari 30 pertandingan atau unggul satu poin atas Liverpool dan Manchester City yang sama-sama mengoleksi 67 poin.


Baca juga: Arsenal kembali ke puncak klasemen setelah kalahkan Luton Town 2-0

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024