Pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini kembali menerima tandan buah segar kelapa sawit tanggal 14-16 April 2024.
Mukomuko (ANTARA) -
Pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tutup atau tidak membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat karena libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mulai hari Sabtu (6/4).
 
Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Iwan Cahaya, di Mukomuko, Kamis, menyebutkan dari 10 pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) yang melaporkan jadwal libur Lebaran 1444 Hijriah, satu pabrik mulai tutup Sabtu (6/4).
 
"PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) terakhir terima buah sawit petani tanggal 5 April 2024, lalu tanggal 6 April 2024 pabrik tidak beroperasi," katanya.
 
Sedangkan lima pabrik kelapa sawit lainnya, katanya lagi, tidak membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat mulai hari Minggu (7/4), dua pabrik tutup Senin (8/4), dan dua pabrik tutup Selasa (9/4).
 
Ia mengatakan, pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini kembali menerima tandan buah segar kelapa sawit tanggal 14-16 April 2024.
 
Selanjutnya, katanya pula, jadwal pabrik tidak membeli tandan buah segar kelapa sawit disampaikan kepada masyarakat petani di daerah ini, sehingga mereka bisa menjual hasil panen sebelum pabrik berhenti beroperasi.
 
Selain itu, ia juga mengimbau para pedagang pengumpul yang menjual sawit ke pabrik untuk tidak antre kendaraan mengangkut sawit parkir di jalan lintas Bengkulu-Sumbar agar tidak mengganggu arus mudik Lebaran.
 
Sementara itu, harga jual tandan buah segar kelapa sawit di sejumlah pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko menjelang Idul Fitri tahun ini turun tipis, diduga karena pengaruh penurunan harga minyak mentah kelapa sawit atau CPO dunia.
 
"Harga sawit turun berkisar Rp20 hingga Rp30 per kilogram di seluruh pabrik di daerah ini," ujarnya.
 
Harga sawit di pabrik yakni di PT Karya Sawitindo Mas turun dari sebesar Rp2.420 per kg, PT Muko Muko Indah Lestari sebesar Rp2.480 per kg menjadi Rp2.450 per kg, dan PT Surya Andalan Primatama turun dari sebesar Rp2.410 per kg menjadi Rp2.380 per kg.
 
Kemudian, harga sawit di PT Karya Agro Sawitindo turun dari sebesar Rp2.470 per kg menjadi Rp2.450 per kg, harga sawit di PT Daria Dharma Pratama turun dari sebesar Rp2.570 per kg menjadi Rp2.550 per kg.
 
Lalu harga sawit di PT Bumi Mentari Karya turun dari sebesar Rp2.570 per kg menjadi Rp2.550 per kg, harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit turun dari sebesar Rp2.570 per kg menjadi Rp2.550 per kg, dan di PT Usaha Sawit Mandiri turun dari sebesar Rp2.260 per kg menjadi Rp2.230 per kg.
Baca juga: Satu pabrik sawit di Mukomuko Bengkulu masih tutup sejak Idul Fitri
Baca juga: Distan Mukomuko mendatangi pabrik yang beli sawit murah

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024