IGD RSUD Bayu Asih telah melakukan beberapa simulasi dan skenario kesiapsiagaan
Purwakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiapkan poliklinik siaga untuk mengantisipasi lonjakan pasien pada musim mudik dan musim libur lebaran.

Pelaksana Tugas Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, Tri Muhammad Hani, di Purwakarta, Kamis mengatakan bahwa sesuai dengan data empiris tahun-tahun sebelumnya, lonjakan pasien biasanya terjadi pada H+2 sampai H+4 lebaran dengan keluhan seputar saluran pencernaan.

Sedangkan pada hari H dan H+1 lebaran biasanya kunjungan pasien lebih banyak ke IGD, dikarenakan trauma fisik akibat kecelakaan lalu lintas.

Ia menyampaikan, tingginya potensi lonjakan kunjungan pasien pada H+2 dan seterusnya dikhawatirkan tidak akan mampu dilayani oleh IGD.

Selain itu biasanya keluhan-keluhan pasien itu bersifat non-emergency, sehingga bisa dilayani di Poliklinik Rawat Jalan. Jadi hal itulah yang mendasari dibukanya layanan poliklinik siaga selama empat hari, baik sebelum maupun setelah hari H Idul Fitri tahun 2024.

Baca juga: Puskesmas di Cianjur tetap beroperasi selama libur lebaran
Baca juga: Dinkes Kabupaten Bekasi bangun 15 posko Lebaran


Ia menjelaskan, poliklinik siaga akan dibuka pada hari Senin 8 April, Selasa 9 April, Jumat 12 April, dan Senin 15 April 2024.

Untuk layanan pada hari H Idul Fitri (10 April) dan H+1 (11 April) pelayanan pasien dipusatkan di Instalasi Gawat Darurat RSUD.

"Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian luar biasa yang berpotensi terjadi saat cuti bersama dan libur Idul Fitri seperti insiden kecelakaan ataupun keracunan massal, IGD RSUD Bayu Asih telah melakukan beberapa simulasi dan skenario kesiapsiagaan," katanya.

Di antaranya ialah skenario mobilisasi SDM dokter dan perawat dari rawat inap serta dukungan logistik obat-obatan dan BHP yang mencukupi. 

Baca juga: BPJS Kesehatan jamin akses pelayanan di masa libur lebaran
Baca juga: Kemenkes siapkan 15 ribu lebih faskes guna antisipasi saat mudik
Baca juga: Dinkes Kota Cirebon siagakan 112 tenaga medis saat mudik Lebaran

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024