Bandung (ANTARA) - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jawa Barat menyediakan kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebanyak 5.055 kursi yang tersebar di sembilan fakultas dan 103 program studi untuk S1 hingga D3.

“Jadi UPI punya total penerimaan kursi sebanyak 11.000 dan 5.055 kursi kita akan sediakan untuk UTBK-SNBT, dan sisanya kita sediakan untuk seleksi mandiri,” kata Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI Ahmad Mudzakir di Bandung, Kamis.

Ahmad menjelaskan untuk ketentuan seleksi melalui jalur SNBT di UPI diikuti oleh peserta yang terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali dan hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja,” kata dia.

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa tidak semua peserta yang memiliki akun dapat mendaftar UTBK-SNBT. Peserta yang sudah lolos pada SNBP 2024, SNBP 2023, dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.

“Saya sampaikan dengan hati-hati, mohon dipikirkan dengan matang pilihan program studi SNBP. Begitu lulus, maka peserta akan diblok saat mendaftar di SNBT,” katanya.

Ahmad mengungkapkan ada perbedaan ketentuan pada 2024 dengan tahun sebelumnya karena untuk proses penerimaan mahasiswa baru SNBT, sepenuhnya dipersiapkan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemdikbudristek.

“Peserta jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal empat program studi yang terdiri dari dua pilihan program S1 dan dua pilihan program D3 serta D4,” kata Ahmas.

Selain itu, kata dia, terdapat ketentuan tambahan yang mulai diberlakukan pada tahun 2024 yaitu bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi jalur seleksi mandiri di PTN manapun.

Baca juga: UI sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru jalur UTBK-SNBT

Baca juga: ULM sediakan 7.213 kursi mahasiswa baru tahun 2024

Baca juga: 24.423 siswa Jatim lolos masuk PTN jalur SNPB 2024


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024