layanan pendukung energi tersedia di jalur potensial Sumut seperti jalur tol, jalur wisata, dan jalur arus mudik.
Medan (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memberikan layanan pendukung untuk memperlancar distribusi bahan bakar minyak dan menyokong perjalanan mudik Lebaran 2024 masyarakat Sumatera Utara.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar menyatakan di Medan, Kamis, layanan pendukung energi tersedia di jalur potensial Sumut seperti jalur tol, jalur wisata, dan jalur arus mudik.

Freddy menyebut, sokongan tersebut meliputi SPBU Siaga, agen pangkalan LPG Siaga, motoris atau Pertamina Delivery Services (PDS), SPBU kantong, dan posko kesehatan.

Dia mengatakan, sebaran SPBU kantong berada di Kabupaten Simalungun, Karo, Serdang Bedagai, Padang Sidempuan, Tapanuli Utara, Toba, Samosir, dan Labuhan Batu.

Baca juga: Pertamina-Polrestabes Palembang meningkatkan pengawasan di SPBU Sementara itu, posko kesehatan berada di SPBU 14.211.214 Kabupaten Simalungun, SPBU 14.221.248 Kabupaten Karo dan SPBU Rest Area 65B jalur tol Medan-Tebing Tinggi.

"Kemudian, bagi masyarakat maupun konsumen yang membutuhkan informasi seputar produk, layanan serta saran ke Pertamina dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135," kata Freddy.

Freddy menegaskan pula bahwa Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dan aparat penegak hukum untuk mendukung kelancaran distribusi energi kepada masyarakat.

Terkait kesiapan BBM dan LPG selama libur Lebaran 2024, Pertamina Patra Niaga menegaskan stok cukup termasuk secara nasional.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga menyiapkan layanan khusus bagi pemudik

Direktur Keuangan PT Pertamina Patra Niaga, Arya Suprihadi menyampaikan itu kala memantau langsung kesiapan sarana dan fasilitas energi dan pasokan BBM dan LPG untuk melayani kebutuhan masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri 2024 di Sumut pada 31 Maret-2 April 2024.

"Kami memastikan kepada masyarakat khusus selama  Idul Fitri maupun cuti bersama ini bisa terlayani dengan baik. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut dalam keadaan siap siaga menghadapi masa liburan Idul Fitri," tutur Arya.

Dalam lawatannya ke Sumut, Arya berkunjung ke Fuel Terminal Medan Group dan sejumlah SPBU guna memastikan sarana dan fasilitas yang ada memenuhi kaidah kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan (HSSE), prosedur operasi standar (SOP) dan aturan yang berlaku.

Pertamina Patra Niaga juga memastikan kesiapan pasokan energi di kawasan wisata, wilayah rawan bencana dan wilayah dengan cuaca ekstrem.

Pertamina Patra Niaga Sumbagut memprediksi penyaluran LPG di Sumut selama masa siaga Lebaran 2024 pada 25 Maret-21 April naik sebesar delapan persen bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari 2024 atau 1.625 metrik ton (mt) menjadi 1.762 mt.

Lalu untuk konsumsi produk gasoline yakni Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo di Sumut diperkirakan meningkat sembilan persen bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari 2024 atau 4.975 kiloliter (kl) menjadi 5.426 kl.

Baca juga: Pertamina: Satgas Rafi bertugas kendalikan energi selama Lebaran

Sementara itu konsumsi produk gasoil yaitu Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex diyakini menurun sembilan persen bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari 2024 atau 3.349 kl menjadi 3.054 kl.

Untuk konsumsi bahan bakar avtur di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Pertamina Patra Niaga Sumbagut memprediksi volumenya naik pada arus mudik sebesar 36 persen di atas konsumsi normal pada Februari 2024.

Secara nasional, pada 2 April 2024 PT Pertamina Patra Niaga mencatat kondisi ketahanan stok BBM produk gasoline rata-rata di atas tiga minggu, produk gasoil (Biosolar, Dex, Dexlite) rata-rata di atas dua minggu dan stok LPG di atas 15 hari.

"Dengan demikian dapat dipastikan secara stok BBM dan LPG dalam kondisi aman dan tidak ada kendala distribusi," tutur Arya Suprihadi.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024