Selama musim mudik tahun ini mengalami peningkatan, yakni rata-rata naik antara 20-30 persen tiap berangkat.
Samarinda (ANTARA) -
Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis, memberangkatkan sebanyak 1.789 pemudik dari Samarinda menuju Parepare, Sulawesi Selatan, dengan kondisi kapal layak berlayar karena sudah dilakukan ramp check.
 
"Kapal Adithya yang berangkat hari ini memiliki kapasitas sebanyak 1.800 penumpang, meskipun jumlah penumpang masih kurang sedikit yakni tercatat 1.789 orang, tidak masalah," ujar Kabid Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP Kelas I Samarinda Kapten M Ridha R, di Samarinda, Kamis.
 
Ia juga mengatakan, di Pelabuhan Samarinda ini terdapat empat kapal untuk tujuan Sulawesi, yakni dengan jadwal keberangkatan tiap hari Minggu, Rabu, Kamis, dan satu kapal lagi dengan hari keberangkatan menyesuaikan hari tertentu.
 
"Selama musim mudik tahun ini mengalami peningkatan, yakni rata-rata naik antara 20-30 persen tiap berangkat. Sedangkan perkiraan kami sejak awal adalah jumlah pemudik tahun ini meningkat sekitar 15 persen ketimbang lebaran tahun lalu," katanya pula.
 
Dia menyatakan, empat kapal angkutan Lebaran rute Samarinda ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah tersebut semuanya dalam kondisi laik operasi baik secara fisik, perlengkapan, maupun administrasi, karena sudah dilakukan ramp check (uji kelaikan) oleh Dinas Perhubungan setempat.
 
Sedangkan empat kapal tersebut adalah KM Prince Soya yang mampu membawa 1.700 penumpang tujuan Parepare, dengan jadwal keberangkatan dari Samarinda tiap hari Minggu.
 
Kemudian KM Aditya dengan kapasitas 1.800 penumpang juga tujuan Parepare, Sulawesi Selatan, dengan keberangkatan setiap hari Kamis.
 
Berikutnya adalah KM Queen Soya yang juga memiliki kapasitas 1.800 penumpang dengan tujuan Parepare dengan keberangkatan setiap hari Rabu.
 
Ada pula KM Sabuk Nusantara yang hanya mampu mengangkut sekitar 500 penumpang, dengan rute Samarinda-Balikpapan-Donggala-Palu di Sulawesi Tengah, dengan jadwal keberangkatan dari Samarinda menyesuaikan kondisi (hari keberangkatan tidak pasti).
 
"Selain memberangkatkan pemudik dari Samarinda ke Parepare, hari ini kami juga menerima pemudik dari Parepare ke Samarinda, yakni ada 522 penumpang dengan menggunakan KM Princes Soya," ujar Ridha.
Baca juga: Pelabuhan Samarinda berangkatkan 2.353 pemudik tujuan Pare-Pare
Baca juga: Pelabuhan Samarinda kedatangan 2.422 penumpang pada H+7

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024