Phnom Penh (ANTARA) - Mantan Perdana Menteri (PM) Kamboja Samdech Techo Hun Sen terpilih menjadi Presiden Senat untuk mandat kelima pada Rabu (3/4), menurut laporan National Television of Cambodia.

Sebanyak 62 senator yang hadir pada sesi pertama majelis tinggi parlemen dengan suara bulat memilih Hun Sen sebagai presiden.

Selain itu, mereka juga memilih senator Partai Rakyat Kamboja (Cambodian People's Party/CPP) yang berkuasa Prak Sokhonn, yang juga merupakan mantan wakil PM sekaligus mantan menteri luar negeri Kamboja, dan Ouch Borith, seorang mantan menteri senior. Keduanya terpilih masing-masing sebagai wakil presiden pertama dan kedua.

Berbicara setelah pemungutan suara, Hun Sen, yang juga menjabat sebagai presiden CPP, menyampaikan rasa terima kasihnya yang tulus kepada seluruh senator yang telah memilihnya sebagai presiden senat. Ia berjanji akan melakukan yang terbaik untuk melayani negara dan rakyat.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada saya, sehingga saya dapat memimpin senat di periode legislatif yang kelima ini," katanya. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024