Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) memboyong remaja asal Kota Palembang, Sumatera Selatan, Muhammad Rafli Fahrezi (17) ke Jakarta untuk menjalani pengobatan tumor pada kaki.
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta, Kamis, Menteri Sosial Tri Rismaharini menugaskan Sentra Budi Perkasa Palembang untuk melihat kondisi Rafli usai kisahnya dimuat di media massa pada akhir Januari 2024. Dalam berita tersebut, Rafli membutuhkan donatur untuk biaya pengobatan penyakit di bagian kaki yang tak kunjung sembuh.
 
"Arahan Bu Menteri untuk segera ditindaklanjuti. Jadi pada 1 Februari tim langsung mendatangi kediaman Rafli," kata Kepala Sentra Budi Perkasa Palembang Gini Toponindro.

Baca juga: Kemensos bantu pengobatan sekeluarga lumpuh di Lebak Banten
 
Ia mengatakan Kementerian Sosial merujuk pengobatan dan kontrol Rafli ke RSUP Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat secara gratis, mulai dari biaya pengobatan, akomodasi hingga kebutuhan sehari-hari.
 
Adapun akomodasi dan kebutuhan Rafli selama pengobatan di Jakarta dipenuhi melalui Sentra Handayani.
 
Setelah menjalani CT scan di RSCM, Rafli pun kini mengetahui penyakit dan pengobatan apa yang harus dijalani untuk menyembuhkan kakinya.

Baca juga: Kemensos bantu remaja sakit kulit di Maluku Tengah berobat ke Jakarta
 
Sebelum mendapat bantuan Kementerian Sosial, Rafli merasakan penyakit di bagian kaki yang tak kunjung sembuh. Kakinya kembali membengkak besar setelah dioperasi dua tahun lalu di Palembang, dengan suhu badan tinggi dan senantiasa merasa kedinginan.
 
Sementara untuk kemandirian keluarga Rafli, Kementerian Sosial memberikan ibu Rafli Yusdiana (42) bantuan pemenuhan hidup layak berupa kebutuhan dasar serta bantuan kewirausahaan berupa usaha penjualan gas elpiji tiga kilogram serta konter penjualan pulsa handphone.
 
Selama ini, ia hanya bekerja serabutan dengan upah sangat minim untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, apalagi pengobatan Rafli.

Baca juga: Kemensos bantu pengobatan pasien pengidap tumor ganas di Garut
 
“Rafli sangat senang dan merasa terbantu sekali. Apalagi selain bantuan pengobatan, perekonomian ibu Rafli juga banyak dibantu Kemensos. Terima kasih Kemensos,” ujar Rafli.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024