Semoga kerja keras kita dapat bermanfaat dan berhasil memastikan para pemudik tiba di tempat tujuan untuk berkumpul bersama keluarga.
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memfasilitasi mudik gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang, Bali menuju Kepulauan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggunakan kapal negara patroli KN Chundamani P.116 milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak.

Kapal itu mengangkut 80 penumpang, kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jon Kenedi saat melaksanakan pelepasan mudik gratis bersama kapal negara patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), di Pelabuhan Celukan Bawang, Kamis, untuk mendukung dan mengantisipasi lonjakan pemudik pada periode mudik Lebaran 2024.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berkomitmen menjamin kelancaran Angkutan Lebaran 2024 dengan melibatkan kapal-kapal negara yang selalu siap siaga, termasuk kapal patroli KPLP KN. Chundamani P. 116 yang dikomandani oleh Capt Subairi dan 20 orang anak buah kapal (ABK).

“Hal ini merupakan upaya Pemerintah untuk mengatasi adanya lonjakan penumpang jelang Hari Raya Idul Fitri termasuk pada moda transportasi laut yang memerlukan penanganan khusus agar perjalanan mudik lebaran dapat tetap berjalan dengan aman, nyaman dan selamat,” ujar Jon Kenedi dalam keterangan di Jakarta.

Lebih lanjut Jon Kenedi mengatakan, tidak ada tarif yang dikenakan untuk penumpang alias gratis karena kapal yang digunakan merupakan kapal negara. Selain kapal patroli KPLP, dua kapal kenavigasian juga turut mengangkut pemudik gratis, yakni KN. Nusa Penida dan KN Mizan.

“Dengan adanya kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan, diharapkan dapat mengangkut seluruh pemudik gratis dari Bali menuju Pulau Raas dan dapat mengurangi penumpukan penumpang,” ujarnya lagi.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini termasuk kepada jajaran Ditjen Perhubungan Laut yang selalu siap siaga mengerahkan kapal-kapal negaranya dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Semoga kerja keras kita dapat bermanfaat dan berhasil memastikan para pemudik tiba di tempat tujuan untuk berkumpul bersama keluarga sebagaimana tema yang diusung tahun ini 'Mudik Ceria Penuh Makna' yang berupaya memberikan keceriaan penyelanggaraan arus mudik yang aman, lancar dan selamat,” kata Jon Kenedi.
Baca juga: Kementerian BUMN lepas peserta mudik menggunakan bus besok
Baca juga: Pelni: Masyarakat antusias memanfaatkan tiket mudik gratis Lebaran

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024