Tadi kami sudah melakukan pelepasan, dan masyarakat sangat antusias.
Manokwari (ANTARA) - PT Pelni Cabang Manokwari, Provinsi Papua Barat, menyatakan masyarakat antusias memanfaatkan tiket mudik gratis Lebaran tahun 2024 yang merupakan program Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Cabang Pelni Manokwari Jusuf, di Manokwari, Kamis, mengatakan antusias masyarakat terlihat dari cepat habisnya kuota tiket mudik gratis yang dialokasikan untuk Pelni Manokwari.

"Untuk Lebaran ini kami mendapat kuota 100 tiket gratis Manokwari-Sorong menggunakan KM Sinabung dan 100 tiket gratis Manokwari-Biak dengan KM Ciremai," katanya.

Ia menyebutkan, KM Sinabung dari Manokwari ke Sorong diberangkatkan hari ini, 4 April 2024. Sedangkan KM Ciremai tujuan Manokwari-Biak diberangkatkan 6 April 2024.

Ia menambahkan, untuk arus balik, Pelni menyediakan 100 tiket dari Sorong ke Manokwari tanggal 15 April 2024 menggunakan KM Sinabung.

"Tadi kami sudah melakukan pelepasan, dan masyarakat sangat antusias. Seluruh kuota baik KM Sinabung dan KM Ciremai sudah 100 persen terisi penuh," katanya pula.

Dia mengatakan, KM Sinabung merupakan kapal terakhir yang memuat arus mudik menuju Indonesia bagian barat dengan tujuan akhir Pelabuhan Surabaya, Jawa Timur dan akan tiba pada 10 April 2024 pagi.
Kepala PT Pelni Cabang Manokwari Jusuf. ANTARA/Ali Nur Ichsan

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran 2024, Pelni mengerahkan tujuh armada kapal yang beroperasi di Kabupaten Manokwari. Ketujuh armada tersebut adalah KM Dobonsolo, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Sirimau, dan KM Tidar.

Seluruh kapal tersebut mendapatkan dispensasi penumpang, tidak terkecuali KM Sinabung yang mendapatkan dispensasi, sehingga total penumpang mencapai 2.907 orang.

"Untuk KM Sinabung sendiri, penumpang dari Manokwari mencapai 1.200 orang. Sehingga hari ini menjadi puncak arus mudik dari Manokwari," katanya lagi.

Salah satu peserta mudik gratis, Roswita mengatakan berterima kasih pada pemerintah yang telah menyediakan tiket gratis mudik Lebaran melalui PT Pelni.

Menurutnya, dengan tiket gratis tersebut, ia dan keluarganya yaitu suami dan dua anak masih balita dapat menghemat pengeluaran hingga Rp700 ribu menuju Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

"Saya kemarin mendaftar secara daring untuk mendapat tiket gratis ini dan berhasil. Kami akan mencoba mendaftar lagi untuk tiket mudik balik dari Sorong ke Manokwari," ujarnya pula.
Baca juga: Pelni alokasikan 100 tiket mudik gratis rute Manokwari-Sorong 
Baca juga: Pelni Manokwari menambah satu armada layani mudik Lebaran

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024