Mulai hari ini kita sudah umumkan untuk tiket gratis tersebut agar bisa dimanfaatkan masyarakat
Manokwari, Papua Barat (ANTARA) - PT Pelni Cabang Manokwari menyediakan tiket gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk arus balik bagi pelajar, mahasiswa, dan lanjut usia (lansia) dengan rute Manokwari, Provinsi Papua Barat, menuju Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Kepala Cabang Pelni Manokwari Jusuf di Manokwari, Papua Barat, Selasa, mengatakan pihaknya mengalokasikan 2.254 tiket gratis menggunakan dua kapal yaitu KM Ciremai dan KM Labobar.

“Masing-masing kapal dapat alokasi 1.127 orang. Tiket gratis ini dibiayai Kementerian Perhubungan. Kita dapat alokasi mudik gratis untuk arus balik,” katanya.

Ia mengatakan bagi warga Manokwari yang ingin memanfaatkan balik gratis tersebut bisa mendapatkan tiket di Kantor Pelni Cabang Manokwari.

Untuk pelajar dan mahasiswa bisa membawa kartu pelajar maupun kartu mahasiswa atau KTP.  Sedangkan, untuk lansia membawa KTP dengan ketentuan umur di atas 58 tahun.

Ia menjelaskan KM Labobar akan sandar di Manokwari dan menuju Sorong pada 5 Januari 2024. Untuk arus balik, rute KM Labobar dari Jayapura dan Nabire, Provinsi Papua.

Sedangkan, KM Ciremai akan sandar di Manokwari dan menuju Sorong pada 11 Januari 2024 dan melanjutkan perjalanan ke Baubau, Makassar, Surabaya, dan Jakarta.

“Mulai hari ini kita sudah umumkan untuk tiket gratis tersebut agar bisa dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk melayani pelayaran arus mudik Natal dan Tahun Baru, Pelni telah menerapkan dispensasi atau penambahan penumpang. Untuk KM Labobar total penumpang mencapai 3.409 orang, sedangkan KM Ciremai dapat mengangkut penumpang hingga 1.978 orang.

Baca juga: Pelni Jayapura siapkan lima armada kapal jelang Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Pelni Manokwari sebut perlu penguatan armada pelayaran perintis
Baca juga: Pelni sebut aktivitas kapal di Pelabuhan Jayapura kini kembali normal

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024