Jakarta (ANTARA) - Kepolisian mendirikan posko pengamanan dan pelayanan untuk menjaga serta melayani aduan masyarakat selama arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.
 
"Posko didirikan untuk memberikan pelayanan warga yang hendak mudik. Ini juga bisa mencegah tindak kejahatan seperti pencurian, hipnotis dan copet," kata Kapolsek Senen, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bambang Santoso saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.
 
Selain posko, pihaknya juga menyiagakan puluhan petugas gabungan untuk menjaga arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Stasiun Senen.
 
"Kita tempatkan 25 personel gabungan mulai dari Polsek, Polres, Brimob dan TNI. Petugas berseragam dan tidak berseragam untuk memberikan rasa aman bagi para pemudik," ujar Bambang.
 
Bambang juga mengingatkan kepada para pemudik untuk lebih menjaga barang bawaan, tidak mudah berkenalan dengan orang yang baru dikenal dan tidak mudah menerima makanan atau minuman dari pihak tak dikenal.
 
"Selain itu hindari dari desak-desakan dan tidak pakai perhiasan mencolok, tetap waspada selalu," kata Bambang.

Baca juga: Ini rangkaian malam Tahun Baru 2024, dari Jakarnaval hingga drone show
Baca juga: Dishub DKI lakukan rekayasa lalu lintas saat malam Tahun Baru 2024
 
PT KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mencatat sebanyak 364.390 tiket masih tersedia untuk libur Natal dan Tahun baru dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir pada 23 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.
 
"Dari jumlah tersebut, rata-rata sisa tempat duduk sebanyak 22.774 seat per hari," kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Sabtu.
 
Berdasarkan data KAI hingga Sabtu pukul 06.00 WIB, kapasitas tempat duduk KA jarak jauh baik reguler maupun KA tambahan pada periode 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 disediakan sekitar 765.349 atau 42.519 tempat duduk per harinya.

Kemudian, tempat duduk yang telah terjual sebanyak 397.781 atau 22.099 tempat duduk per harinya.
 
Ixfan mengimbau kepada para pelanggan yang akan bepergian menggunakan kereta untuk tidak membawa barang bawaan yang berlebihan, tidak membawa barang bawaan yang dilarang dalam perjalanan seperti senjata tajam, senjata api, barang berbau menyengat serta tidak memakai perhiasan yang berlebihan guna keselamatan diri sendiri.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023