"Kunjungan ini untuk meninjau dan melihat dari dekat pelaksanaan kegiatan dalam rangka pengamanan pemilu, yang berlangsung di posko OMB Tinombala 2023/2024,"
Palu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah Irjen Pol. Agus Nugroho meninjau posko pengamanan Operasi Mantap Brata (OMB) Tinombala 2023-2024 guna memastikan tahapan Pemilu di wilayah itu berjalan dengan aman baik.
 
 
"Kunjungan ini untuk meninjau dan melihat dari dekat pelaksanaan kegiatan dalam rangka pengamanan pemilu, yang berlangsung di posko OMB Tinombala 2023/2024," kata Agus Nugroho di Palu, Selasa.

 
 
Ia mengatakan bahwa Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia, sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

 
 
Oleh karena itu, Operasi Mantap Brata bertujuan agar kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap terjaga pada setiap tahapan pemilu guna menjamin pelaksanaan pesta demokrasi rakyat yang aman, damai, dan berintegritas.

 
 
Posko operasi berada di Biro Operasi (Ro Ops) Polda Sulteng yang akan merekam, mencatat serta mengevaluasi seluruh kegiatan yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Operasi sebagai bahan laporan kepada posko OMB Pusat.

 
 
Posko juga akan merekam peristiwa atau kegiatan terkait tahapan Pemilu 2024 dan seluruh kegiatan satgas, baik satgas Polda maupun satgas Polres yang kemudian akan dievaluasi.

 
 
Untuk itu, Agus memberikan motivasi kepada petugas posko, dan meminta untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

 
 
"Sehingga apabila ada hambatan atau permasalahan di lapangan akan segera dapat diketahui dan diberikan petunjuk arahan untuk solusi penanganannya," katanya.

 
 
Evaluasi dilakukan setiap hari, dengan setiap hari Jumat dilakukan evaluasi mingguan yang diikuti seluruh Kasatgas Polda dan Kasatgas Polres secara tatap muka maupun daring guna memastikan situasi kamtibmas di wilayah Sulteng berjalan aman dan kondusif.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023