"Keberadaan tim SA tentunya untuk membantu melakukan pencarian dan pertolongan atau penyelamatan apabila terjadi insiden di pantai,"
Palu (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Ketupat Tinombala Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) memantau aktivitas masyarakat di tempat wisata, Pantai Talise, Kota Palu, pada saat libur Lebaran 2024.

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Hubungan Masyarakat Operasi Ketupat Tinombala 2024 Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari di Palu, Sabtu, mengatakan Tim Search And Rescue (SAR) Satbrimobda Sulteng bersiaga di lokasi wisata untuk memastikan keselamatan masyarakat yang berlibur.

Ia mengatakan Tim SAR yang tergabung dalam Satgas Operasi Ketupat Tinombala 2024 bersiaga di Pantai Talise, Kota Palu sejak pukul 06.00 WITA untuk segera memberikan pertolongan apabila terjadi insiden yang tidak diinginkan.

"Keberadaan tim SA  tentunya untuk membantu melakukan pencarian dan pertolongan atau penyelamatan apabila terjadi insiden di pantai," katanya.

Menurut dia, pada momentum libur lebaran obyek wisata pantai menjadi salah satu tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi masyarakat sehingga perlu diamankan.

Para pengunjung, kata dia, berwisata untuk bermain air, merendam diri di air laut atau sekedar melihat fenomena pantai di teluk Palu ini.

Karena itu, Sugeng mengimbau kepada orang tua dan keluarga yang berwisata agar selalu mengawasi anak-anaknya dan tidak dibiarkan untuk bermain sendiri.

"Mohon kerjasamanya untuk keamanan dan kenyamanan dalam menjalani libur Idul Fitri 1445 Hijriah," ujarnya.

Sugeng melanjutkan selain mengamankan obyek wisata pada H+4 Lebaran, Satgas Operasi Ketupat Tinombala juga rutin melaksanakan patroli subuh dan patroli di sejumlah perumahan kosong yang ditinggal pemiliknya mudik lebaran,

Satgas Operasi Ketupat juga melakukan pemantauan arus balik dan melaksanakan kegiatan memelihara kamtibmas.
 

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024