Selain pos pengamanan, ada juga pos gatur di jalur mudik.
Karawang (ANTARA) - Polres Kabupaten Karawang menyiapkan puluhan posko pengamanan dan pos gerakan pengaturan (gatur) di jalan arteri, jalur alternatif atau jalur sepeda motor, dan jalan tol pada musim mudik Lebaran 2024.

"Selain pos pengamanan, ada juga pos gatur di jalur mudik," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono di Karawang, Sabtu.

Untuk pos pengamanan di jalan tol, di antaranya disiapkan pos terpadu di rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, Pos KM 48 dan Pos KM 62 Tol Jakarta-Cikampek.

Selanjutnya pos pengamanan di jalur alternatif, di antaranya Pos Krasak, Pos Pasar Lemahabang, Pos Telagasari, dan Pos Ciranggon.

Di jalan arteri, terdapat Pos Tanjungpura, Pos Lamaran, Pos SPBU CKM, Pos Masari, Pos Kosambi, Pos Kanzen, dan Pos Tamelang.

Selain itu, juga disiapkan Pos Dawuan, Pos 3 Cikampek, Pos Sasak Gambreng, Pos Cikalong, Pos Jomin, dan Pos Gamon di sepanjang jalan arteri Karawang jalur pantura.

Untuk pos gatur, lanjut dia, disiapkan 30 posko untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas bagi masyarakat.

AKBP Wirdhanto menjelaskan bahwa posko pengamanan selain untuk memantau kondisi arus lalu lintas, juga berfungsi untuk meningkatkan pengamanan para pemudik yang ingin istirahat karena kelelahan.

Pada musim mudik tahun ini, Polres Karawang akan mengerahkan 1.756 personel gabungan yang bertugas melakukan pengamanan musim mudik Lebaran 2024.

Sesuai dengan hasil rapat koordinasi lintas sektoral Ketupat Lodaya 2024, kata Kapolres, pengamanan mudik Lebaran di Karawang akan melibatkan 1.756 personel gabungan.

"Personel gabungan ini dari unsur Polres Karawang, kodim, dan Pemkab Karawang. Mereka akan disebar ke posko-posko mudik Lebaran di wilayah ini," kata AKBP Wirdhanto.

Mereka yang tergabung dalam personel gabungan tersebut mulai bertugas pada tanggal 4 April hingga 16 April 2024.

Baca juga: Dinkes Purwakarta siapkan delapan posko kesehatan di jalur mudik
Baca juga: Dinkes Kotawaringin Timur siapkan 10 tim kesehatan di jalur mudik

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024