Kudus (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan posko mudik Lebaran 2024 yang dilengkapi 14 tempat tidur, dapur umum, toilet, serta tempat shalat.
 
Lokasi posko mudik tersebut berada di Jalan Lingkar Selatan Kudus di depan Terminal Induk Jati Kudus.

Baca juga: BPBD Semarang dirikan posko mudik di Gombel berkapasitas 100 motor
 
Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kudus Mundir, di Kudus, Senin, posko mudik Lebaran tersebut mulai dipersiapkan sejak Sabtu (6/4) hingga 16 April 2024.
 
Bagi pemudik yang kelaparan, kata dia, juga disediakan dapur yang dilengkapi dengan mi instan, kopi kemasan, dan teh yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

Selain itu, BPBD Kudus juga menyiapkan layanan pengantaran pemudik ke tempat tujuan di dalam kota, serta pengantaran pemudik ke rumah sakit ketika terjadi gawat darurat.

Baca juga: Pemkot Tangerang siapkan 8 posko mudik Lebaran di lokasi strategis
 
Dalam rangka melayani pemudik yang tidak bisa dipastikan kapan datangnya, pihaknya bekerja sama dengan Forum Relawan Penanggulangan Bencana Kudus sehingga posko tersebut bisa beroperasi selama 24 jam dengan tiga shift jaga.
 
Pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan juga tersedia tim medis yang berada di Posko Pelayanan Polres Kudus yang lokasinya juga berdekatan, sehingga bisa difasilitasi untuk pemeriksaan kesehatan.

Baca juga: Pj Gubernur minta BPBD se-Aceh aktifkan posko siaga bencana lebaran
 
Posko mudik tersebut juga sudah dimanfaatkan beberapa pemudik, di antaranya warga Blitar yang kebetulan melintas, kemudian pemudik yang hendak melanjutkan perjalanan ke Jepara maupun Grobogan sambil menunggu jemputan.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024