Jakarta (ANTARA) - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka posko kesehatan yang diberi nama Posko Organisasi Profesi Pro Perempuan (OPOR) Bu Bidan di sejumlah titik mudik guna mendekatkan akses layanan kebidanan kepada pemudik perempuan dan anak-anak.

"Salah satu tujuan penting dari dilaksanakannya Posko OPOR Bu Bidan ini ialah untuk mendekatkan layanan kebidanan kepada masyarakat khususnya akses bagi perempuan, ibu hamil, ibu menyusui serta anak balita dalam memperoleh layanan kesehatan selama perjalanan mudik, sebab mereka merupakan kelompok rentan yang perlu mendapatkan perhatian khusus,” kata Ketua Umum IBI Ade Jubaedah dalam keterangan pers bersama Le Minerale yang diterima di Jakarta, Rabu.

Posko kesehatan OPOR Bu Bidan IBI dibuka pada 6 April dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial bidang kesehatan ibu dan anak dalam rangka memperingati hari ulang tahun IBI ke-73 dan Hari Bidan Internasional, yang diperingati setiap 5 Mei. Posko OPOR Bu Bidan dibuka di titik mudik antara lain Terminal Pulogebang Jakarta Timur, Bandara Soekarno-Hatta, Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat dan Pelabuhan Merak Banten.

Baca juga: Posko kesehatan arus mudik jalur Pantura siaga 24 jam

Layanan kesehatan di Posko OPOR Bu Bidan IBI diberikan langsung oleh tenaga bidan profesional dan dapat diakses masyarakat secara gratis. Sejumlah layanan yang ada di posko tersebut yakni penyediaan air mineral, vitamin, popok hingga pil kontrasepsi, pembalut wanita dan kondom.

Posko OPOR Bu Bidan IBI juga menyediakan layanan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan suhu tubuh bagi perempuan, bayi dan balita, layanan pemeriksaan umum ibu hamil, edukasi KB sampai edukasi kebutuhan cairan pada masa hamil dan menyusui.

IBI turut menggalakkan pentingnya pemenuhan asupan air minum dengan kualitas mineral yang menjadi modal utama kesehatan bagi ibu hamil. Sebab, kekurangan mineral akan mempengaruhi kualitas kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Baca juga: Sopir Bus antusias cek kesehatan di Terminal Kampung Rambutan

Baca juga: BPJS Kesehatan buka posko pemeriksaan gratis untuk pemudik

Baca juga: Para pemudik dipersilakan istirahat di Posko Padalarang jika lelah


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024