Bandung Barat (ANTARA) -
Kepala Polres Cimahi AKBP Aldi Subartono mempersilakan para pemudik yang lelah dalam perjalanan ke kampung halaman untuk beristirahat di Posko Pelayanan Terpadu Simpang Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.

"Tadi juga ada masyarakat yang kelelahan kita berikan penanganan awal. Jadi bagi pemudik yang melintasi, silakan beristirahat, di sini ada mushalla, tempat istirahat, posko kesehatan, Dishub dan sebagainya," ucap dia di Bandung Barat, Selasa.

Kepolisian Resor Cimahi membawahi wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Posko Pelayanan Terpadu Simpang Padalarang dilengkapi berbagai fasilitas, antara lain posko kesehatan, mushalla, dan tempat istirahat, dengan para petugas bersiaga selama 24 jam.

Ia mengatakan posko yang didirikan bersama pemerintah daerah, TNI, dan pemangku kepentingan terkait itu pusat pemantauan lalu lintas selama musim mudik Lebaran 2024 di kawasan Padalarang, mengingat tempat tersebut pertemuan arus lalu lintas.

"Jadi di sini memang dipusatkan, karena ini adalah titik pertemuan jalur arteri, baik yang dari Cianjur maupun dari Purwakarta ke Bandung atau sebaliknya," ucapnya.

Baca juga: Dishub Bandung Barat antisipasi lonjakan arus mudik di malam takbiran

Polres Cimahi memfokuskan pengawasan dan pengamanan pada musim mudik Lebaran 2024 di tiga lokasi krusial yang berpotensi menjadi simpul kemacetan.

Sebanyak tiga lokasi krusial itu, jalan arteri Padalarang, Lembang, dan kawasan tempat istirahat KM125.

"Di Lembang itu, dimomen dekat Lebaran sebagai jalur wisata, kemudian di Tol KM125 itu saat arus balik," kata Aldi.

Pihaknya sudah melakukan mitigasi penanganan arus mudik dan milir Lebaran 2024, antara lain terkait dengan masalah, kendala, dan cara mengatasi. 

​​​​​​​"Kita tempatkan beberapa personel berikut langkah-langkah yang akan dilakukannya, termasuk juga jalur alternatif sudah kita antisipasi seperti Punclut dan wilayah-wilayah lainnya," ucapnya.

Baca juga: Hingga H-1 Lebaran 56.759 orang tinggalkan Sumatera ke Jawa
Baca juga: KSOP Samarinda: 9.868 pemudik berangkat ke Parepare sejak 26 Maret  
Baca juga: Jutaan kendaraan lintasi Solo sejak H-7 Lebaran

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024