Penambahan satu kapal tersebut adalah KM Dobonsolo. Pada rute reguler kapal tersebut tidak masuk ke Manokwari, tapi untuk Lebaran dia masuk Manokwari.
Manokwari (ANTARA) - PT Pelni Cabang Manokwari, Papua Barat menambahkan satu armada lagi untuk melayani kebutuhan transportasi laut pada arus mudik Lebaran tahun 2024.

"Penambahan satu kapal tersebut adalah KM Dobonsolo. Pada rute reguler kapal tersebut tidak masuk ke Manokwari, tapi untuk Lebaran dia masuk Manokwari," kata Kabag Ops Pelni Manokwari Abdul Rais Akbar, di Manokwari, Kamis.

Ia menjelaskan, rute KM Dobonsolo adalah Jayapura-Serui-Sorong-Ambon-Baubau-Makassar-Surabaya-Jakarta. Namun khusus untuk angkutan Lebaran, kapal tersebut akan bersandar dulu di Manokwari sebelum ke Sorong pada tanggal 29 Maret.

Sedangkan untuk arus balik, KM Dobonsolo akan sandar di Manokwari pada tanggal 25 April sebelum ke Serui dan Jayapura. Kemudian dari Jayapura, KM Dobonsolo juga akan kembali sandar di Manokwari sebelum melanjutkan ke rute awal.

Dia mengatakan, dengan tambahan satu armada tersebut, maka ada tujuh kapal yang bersandar di Manokwari mengantisipasi arus mudik Lebaran. Ketujuh armada tersebut adalah KM Dobonsolo, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Sirimau, dan KM Tidar.

"Ketujuh armada tersebut melayani angkutan mudik Lebaran dan arus balik di Manokwari, cuma rentang waktunya yang berbeda-beda," katanya pula.

Ia menjelaskan, arus mudik Lebaran paling padat untuk rute ke arah barat diperkirakan terjadi tanggal 24 Maret, 26 Maret, dan 29 Maret dengan angkutan untuk KM Gunung Dempo, KM Ciremai, dan KM Dobonsolo.

Sedangkan rute terakhir ke arah barat yaitu KM Sinabung yang akan sandar di Kabupaten Manokwari tanggal 4 April. KM Sinabung diperkirakan bisa sandar di Surabaya H-2 sebelum Lebaran.

Dia memastikan, harga tiket kapal Pelni tidak mengalami kenaikan pada arus mudik Lebaran ini. Masyarakat diimbau membeli tiket langsung di Kantor Pelni maupun melalui Pelni Mobile, sehingga tidak menjadi korban calo tiket.
Baca juga: Pelni: Puncak arus balik libur tahun baru di Manokwari 10-12 Januari
Baca juga: Pelni alokasikan 100 tiket mudik gratis rute Manokwari-Sorong 

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024