Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan hospitality atau keramahan serta keterampilan dari sumber daya manusia (SDM) pada sektor pariwisata menjadi modal untuk mempertahankan peningkatan wisatawan mancanegara (wisman).

Menurutnya peningkatan kualitas SDM tersebut harus terus dilakukan guna mendorong sektor pariwisata menjadi lebih baik. Karena atas dasar itu, minat wisatawan untuk mengunjungi Indonesia bisa timbul.

"Keramahtamahan dan keterampilan yang lebih baik merupakan modal yang harus dimiliki untuk meningkatkan pelayanan," kata Lestari dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: MPR: Upaya UMKM naik kelas butuh konsistensi atasi masalah mendasar

Dia menyebut bahwa Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 1,04 juta pada Februari 2024.

Jumlah tersebut meningkat 11,67 persen jika dibandingkan dengan Januari 2024. Pencapaian itu juga meningkat 38,24 persen jika dibandingkan dengan pencapaian Februari 2023.

Nilai devisa pariwisata hingga September 2023 tercatat 10,46 miliar dolar AS dengan kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia diperkirakan mencapai 3,8 persen.

Menurutnya dalam proses pembangunan di sektor pariwisata berbagai pelatihan untuk mengupayakan peningkatan kualitas SDM merupakan langkah strategis yang harus dilakukan.

Dia pun mendorong agar para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dapat mengembangkan atmosfer pembangunan pariwisata yang berkelanjutan, melalui penerapan sejumlah kebijakan yang mendukung.

Untuk itu, dia berharap semua pihak mampu mempertahankan tren peningkatan kedatangan wisatawan mancanegara dengan baik, agar sektor pariwisata dapat terus menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Ketua MPR siap sosialisasikan empat pilar lewat kanal YouTube
Baca juga: Plt Sekjen MPR sebut pertimbangkan kunjungan balasan ke Korsel

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024