Biasanya beras lima kilogram sudah Rp70.000, ini tiga macam cuma Rp50.000
Batu Bara, Sumatera Utara (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia bersama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) berkolaborasi menggelar bahan pokok murah Ramadhan 2024.

"Ini merupakan langkah Kementerian BUMN dan Inalum di bulan Ramadhan sekaligus rangkaian 26 tahun Kementerian BUMN," ujar Corporate Secretary Inalum Mahyaruddin Ende di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Kamis.

Bahan pokok murah merupakan program Safari Ramadhan BUMN 2024 ini, lanjut dia, hadir di seluruh wilayah Indonesia atas kerja sama seluruh keluarga besar BUMN.

Untuk Sumatera Utara, PT Inalum (Persero) menjadi salah satu kolaborator Kementerian BUMN diharapkan menambah kekhusyuan Ramadhan dan kegembiraan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: Pemprov Bali optimistis tak ada lonjakan harga sembako saat Lebaran
Baca juga: Pemprov Jatim menggelar pasar murah di Kediri


Program Safari Ramadhan 2024 BUMN digelar di pelataran gedung PT Inalum (Persero), Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Batu Bara, Sumatera Utara, dengan menjual 1.000 paket bahan pokok murah.

Adapun masing-masing paket terdiri atas beras lima kg, minyak goreng satu liter dan gula pasir satu kg seharga Rp148.500, tapi warga cukup membayar Rp75.000. Terdapat juga bazar UMKM binaan BUMN menjual berbagai macam takjil.

"Ini program bersama Kementerian BUMN dan seluruh BUMN. Semoga bisa bermanfaat meningkatkan kekhusyuan Ramadhan dan menambah kegembiraan Idul Fitri nanti," ujar Mahyaruddin.

Selain itu, PT Inalum (Persero) menjadi rekanan Kementerian BUMN menyelenggarakan Mudik Asyik BUMN 2024 dengan rute keberangkatan ke Aceh, Padang di Sumatera Barat, dan Pekanbaru di Riau.

"Keberangkatan para calon pemudik dilakukan pada Jumat, 5 April 2024 di pelataran Ballroom Gedung Baru Inalum di Kuala Tanjung," kata Mahyaruddin.

Baca juga: Semen Indonesia salurkan 6.000 paket sembako jelang akhir Ramadhan
Baca juga: BUMD JIEP gelar bazar sembako murah penuhi kebutuhan jelang Ramadhan

Suwati (58), warga Desa Kuala Tanjung mengaku dirinya bisa mendapat ketiga bahan pokok yang merupakan kebutuhan hidup sehari-hari dengan harga jauh lebih murah.

"Tadi ketiganya saya beli dengan kupon yang diberikan oleh pihak desa seharga Rp50.000. Alhamdulillah, terima kasih BUMN," katanya.

Ismawati (45), warga Desa Kuala Tanjung lainnya mengatakan kegiatan Safari Ramadhan digelar oleh Kementerian BUMN dan Inalum sangat membantu masyarakat.

"Senang, karena bisa terbantu. Biasanya beras lima kilogram sudah Rp70.000, ini tiga macam cuma Rp50.000. Jadi sangat membantu kami," ungkapnya.

Baca juga: Perum Bulog Maluku menggelar pasar murah jelang Idul Fitri 2024
Baca juga: BNI bersama BUMN lain gelar Pasar Murah Ramadhan
Baca juga: Pemkot Kendari lakukan GPM di 12 titik selama Ramadhan


Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024