kami juga mengharapkan di setiap rest area juga menyiapkan unit layanan pengaduan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga meminta masyarakat untuk melapor ke layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 bila mengetahui ada anak dan perempuan yang menjadi korban kekerasan selama arus mudik Lebaran.

"Selama ini kan tidak terlepas kita melihat kekerasan yang menimpa kelompok rentan perempuan dan anak, maka kami mengharapkan, baik kepada pemudik dan pengelola rest area, terminal, stasiun dan sebagainya, ketika melihat ataupun mengalami kekerasan yang terjadi kepada perempuan dan anak, kita harapkan bisa menyampaikan kepada layanan Sahabat Perempuan dan Anak dengan hotline 129 ataupun melalui WhatsApp 081-111-129-129," kata Bintang Puspayoga di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, partisipasi masyarakat untuk melapor ini penting sebagai salah satu upaya mewujudkan mudik Lebaran 2024 yang ramah anak.

Bintang Puspayoga mengatakan layanan SAPA 129 telah terintegrasi di semua provinsi.

"SAPA 129 ini sudah terintegrasi di semua provinsi, ini memudahkan dan kami juga mengharapkan di setiap rest area juga menyiapkan unit layanan pengaduan. Tidak hanya pengaduan kekerasan, misalnya kecelakaan," katanya.

Baca juga: KPAI sebut peran orang tua penting wujudkan mudik Lebaran ramah anak
Baca juga: Pemerintah diminta sediakan transportasi ramah anak pada mudik Lebaran


Sementara Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan untuk mendukung terlaksananya mudik ramah perempuan dan anak.

Berbagai sarana dan prasarana telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pemudik khususnya perempuan dan anak pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

"Saat ini Jasa Marga telah menyediakan ruang laktasi di 22 rest area, area bermain anak di 7 rest area, toilet disabilitas di 50 rest area, dan posko kesehatan di 35 rest area se-Indonesia," kata Fitri Wiyanti.

Baca juga: KPPPA: Ciptakan situasi mudik yang nyaman dan aman bagi perempuan-anak
Baca juga: Pengelola layanan publik diminta siapkan fasilitas ramah perempuan
Baca juga: KPAI dorong terwujudnya mudik ramah anak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024