Jakarta (ANTARA) -
Pemain diaspora Indonesia Dillan Yabran Rinaldi mengakui menikmati menjalani pemusatan latihan tim nasional U-20, yang telah berlangsung sejak 15 Maret dan berakhir Kamis.

Dillan yang saat ini bermain untuk klub Jerman, SV Bergisch Cladbach 09, mempelajari beberapa posisi baru. Menurutnya, hal itu sangat membantunya berkembang sebagai pesepak bola muda.

“Saya biasa bermain sebagai pemain sayap, tapi sekarang saya bermain di posisi nomor delapan atau nomor 10 maka saya juga mengembangkan diri. Dan sebagai pemain saya juga berkembang di pemusatan latihan ini,” kata Dillan setelah menjalani sesi latihan di Lapangan Latihan B, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Timnas U-20 dipersiapkan oleh Pelatih Indra Sjafri untuk Piala AFF U-19 2024 dan kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Setelah menjalani pemusatan latihan dan melihat kemampuan rekan-rekan setimnya, Dillan cukup yakin dengan kekuatan tim ini.

Baca juga: Timnas U-20 diliburkan dan akan kembali dikumpulkan pada 17 April

“Menurut saya kami banyak berkembang. Kami berada di level yang bagus. Kami bermain melawan China dua kali dan kami imbang dua kali. Maka menurut saya kami berada di jalur yang tepat untuk bisa lolos,” tutur Dillan.
 
Pemusatan latihan timnas U-20 saat ini akan dihentikan dan para pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing. Sebelum kembali ke Jerman, Dillan menyatakan akan silaturahmi sekaligus merayakan Idul Fitri bersama keluarga orang tuanya di Banda Aceh, meski kedua orang tuanya masih berada di Eropa.

Kesamaan asal daerah, yakni dari Aceh, dengan salah satu pemain di timnas U-20, Rahmat Syawal, disebut Dillan banyak membantunya beradaptasi dengan tim. Meski demikian, dengan rekan-rekan lain, Dillan mengaku cukup dekat juga.

“Di sini (yang dekat) banyak. Kan juga ada orang-orang dari Aceh, saya dari Aceh, Syawal Rahmat, dan banyak. Ferre (Murari), (Muhammad) Rizal, Fandi (Bagus Pamungkas),” pungkas Dillan yang juga turut menunaikan ibadah puasa Ramadhan karena merupakan seorang Muslim.

Baca juga: Indra Sjafri cari total 46 pemain untuk skuad timnas U-20

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024