Kami telah siap dan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah maupun pihak-pihak terkait untuk mendukung terwujudnya angkutan lebaran yang aman...
Jakarta (ANTARA) - Astra Infra mengimbau pemudik untuk merencanakan perjalanan dengan baik serta mempersiapkan kondisi kendaraan dan fisik badan.

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar menyatakan Astra Infra siap mendukung angkutan Lebaran 2024.

“Kami telah siap dan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah maupun pihak-pihak terkait untuk mendukung terwujudnya angkutan lebaran yang aman, nyaman, selamat, dan berkesan. Kami juga mengimbau pemudik untuk dapat mempersiapkan perjalanannya dengan baik demi keselamatan dan kenyamanan bersama.” ujar Billy di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Astra Infra berlakukan diskon tarif di tiga ruas tol yang dikelolanya

Untuk mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan nyaman, pemudik diimbau untuk mempersiapkan beberapa hal, seperti merencanakan perjalanan dengan baik.

Astra Infra mengimbau pemudik untuk  membuat rencana perjalanan dengan baik, yang salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan perjalanan lebih awal, menghindari tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus, untuk mencegah  kepadatan.

Pada arus mudik lebaran kali ini, Astra Infra menerapkan diskon tarif sebesar 20 persen yang berlaku pada Rabu, 3 April 2024, pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024, pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam) yang berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tangerang-Merak, Cikopo- Palimanan, dan Jombang- Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan e-toll dengan saldo cukup.

Pemudik juga perlu mempersiapkan kondisi kendaraan, antara lain memastikan tekanan ban, kondisi mesin, hingga kondisi rem kendaraan, mengingat beberapa kecelakaan yang terjadi dapat disebabkan oleh kondisi kendaraan yang tidak siap.

Pemudik dapat memanfaatkan bengkel siaga Astra maupun pos siaga Astra untuk memeriksakan kondisi kendaraannya.

Selain itu, kondisi fisik badan yang prima juga perlu diperhatikan agar pemudik dapat mengendarai kendaraan dengan fokus dan waspada, mengingat mayoritas kecelakaan terjadi akibat pengemudi yang mengantuk atau kelelahan.

Baca juga: Astra Infra siap mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran tahun ini

Pemudik perlu memastikan kecukupan bahan bakar, saldo kartu uang elektronik, dan perbekalan secukupnya.

Untuk mencegah kepadatan antrean di tempat pengisian bahan bakar, pemudik diimbau untuk dapat mengisi bahan bakar kendaraan dengan cukup sebelum melakukan perjalanan.

 Astra Infra menyediakan fasilitas pengisian bahan bakar melalui SPBU maupun SPKLU yang terdapat di rest area.

Untuk menghindari kehabisan bahan bakar, pemudik dapat melakukan penghitungan agar dapat memperkirakan jarak maksimal perjalanan sebelum mengisi ulang bahan bakarnya.

Selain itu, untuk mencegah antrean di gerbang tol, pemudik diimbau untuk  menyiapkan saldo e-toll yang mencukupi. Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya.

Mendekati puncak arus mudik Lebaran 2024 yang diprediksi akan terjadi pada 6-7 April 2024 mendatang, Astra Infra terus melakukan koordinasi dan optimalisasi layanan guna menyukseskan momen tersebut.

Pada 3 April 2024, Astra Infra mencatat sekitar 273 ribu kendaraan melintasi ruas tol Tangerang- Merak, Cikopo- Palimanan (Cipali), dan Jombang- Mojokerto.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024