...Kesiapsiagaan terutama soal memaksimalkan pelayanan, mulai dari transaksi di setiap gardu tol, layanan lalu lintas dan layanan pemeliharaan...
Depok (ANTARA) - PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) sebagai operator Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Kota Depok, Jawa Barat, siap melayani arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

"Persiapan kami sudah matang. Kesiapsiagaan terutama soal memaksimalkan pelayanan, mulai dari transaksi di setiap gardu tol, layanan lalu lintas dan layanan pemeliharaan atau konstruksi," kata Direktur Operasi PT TLKJ, Alfiandra di Depok, Jumat.

Alfiandra menegaskan pihaknya dalam kondisi siaga dan siap menghadapi dan melayani pengguna jalan tol saat mudik dan arus balik. Ada tiga lini pelayanan yang paling berkaitan, yang satu support yang lain sehingga dengan memaksimalkan sumber daya yang ada di Tol Cijago.

"Kami berharap bisa melayani pengguna Jalan Tol Cijago ini lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, karena ini pengalaman pertama menghadapi perjalanan mudik dan arus balik saat Tol Cijago beroperasi penuh, tersambung dengan Tol Depok-Antasari (Desari) dan Tol Serpong-Cinere (Sercin)," jelasnya.

Baca juga: Hutama Karya operasikan fungsional Tol Bangkinang–XIII Koto Kampar

Ia mengakui tantangan yang dihadapi saat ini juga lebih berat, mengubah pola perjalanan, tentu terjadi peningkatan lalu lintas, apalagi di saat arus mudik dan balik, antisipasi pengguna kendaraan ada di Gerbang Tol Limo Utama.

Alfiandra menambahkan pihaknya akan menyiagakan 2 kendaraan patroli, 1 kendaraan rescue, 1 kendaraan ambulans, 1 kendaraan derek dan 3 kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR).

"Kami siagakan keseluruhan jumlah personil sebanyak 246 orang yang bertugas di setiap gerbang tol, layanan transaksi, petugas security, petugas patroli, tenaga medis dan tenaga derek," tutur Alfiandra.

Baca juga: WTR: Tol Bocimi untuk sementara masih dapat digunakan pascalongsor

Menurut Alfiandra, saat Tol Cijago merupakan perlintasan pengguna kendaraan yang hendak mudik ke Sumatera menuju Tol Kunciran dan Tol Tangerang dan sebaliknya yang hendak mudik ke Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) menuju Tol Jagorawi dan Tol Cikampek.

"Kalau kendaraan arus mudik yang melintas Tol Cijago diperkirakan mencapai 180 ribu kendaraan dan arus balik sekitar 170 ribu kendaraan," ungkap Alfiandra.

Untuk tarif Tol Cijago, lanjut Alfiandra, masih dengan tarif terbuka yakni Rp 15 ribu untuk golongan I, Rp 23 ribu untuk golongan II dan III serta Rp 30.500 untuk golongan IV dan V.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024